Wisata Gunung Prau Dieng Bersiap Uji Coba Pembukaan Pendakian, Ini Ketentuannya

BNews—WONOSOBO—Destinasi wisata Gunung Prau yang berada di Dieng, Wonosobo akan melakukan uji coba pembukaan pendakian. Setelah beberapa waktu lalu sempat ditutup.

Dilansir dari akun Instagram @prau_mountain, Bupati Wonosobo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19, Eko Purnomo memberikan arahan terkait pembukaan jalur pendakian. Yakni pembukaan dengan tahap uji coba dapat dilaksanakan pada tanggal 3 Juli mendatang.

Dalam akun tersebut, disebutkan bahwa uji coba pembukaan pendakian akan dilakukan dengan beberapa tahap. Yakni pada tahap pertama hanya pendaki asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta di luar zona merah yang diizinkan.

Kemudian saat akan mendaki nantinya, para calon pendaki harus mematuhi adaptasi kebiasaan baru. Berupa membawa surat keterangan sehat, handsinitizer, masker dan sarung tangan minimal masing-masing pendaki membawa dua buah.

”Selain itu ada perlengkapan standar pendakian, pendaki dibatasi sistem kuota, kapasitas tenda 50 persen dari kapasitas maksimal kecuali satu keluarga,” tulisan di dalam akun tersebut.

Bagi calon pendaki dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di dekat basecamp Prau yakni di puskesmas Dieng dan Kejajar.  Kemudian, untuk yang melalui jalur Dieng Dwarawati, Kalilembu dan Patak Banteng dapat melakukan pemeriksaan di Puskesmas Dieng.

Untuk Pendakian via Wates dan Igirmranak bisa melakukan cek kesehatan di Puskesmas Kejajar. Sementara untuk biaya cek kesehatan di Kabupaten Wonosobo, menurut Perbub no 59 th 2018 yakni sebesar Rp. 20 ribu, namun pendaki juga diperbolehkan membawa surat sehat dari daerah asal pendaki.

Loading...
Download Musik Keren Disini

Meski demikian, surat resmi terkait pembukaan pendakian Gunung Prau hingga kini belum ada. Sebab masih menunggu kesiapan protokol kesehatan sesuai petunjuk teknis dari Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonosobo. (*/mta)

Lihat postingan ini di Instagram

Adaptasi kebiasaan baru mendaki gunung Prau sudah siap pendaki wajib membawa : 1. surat keterangan sehat, 2. handsanitizer 3. masker minimal 2 4. sarung tangan minimal 2 , dan perlengkapan standar pendakian , Pendaki dibatasi sistem kuota , kapasitas tenda 50 persen dari kapasitas maksimal kecuali satu keluarga . kami siap menyambut kalian dengan protokol kesehatan.. Bc Dwarawati : @basecampdwarawati Bc Dieng : @basecamp_prau_dieng Bc kalilembu : @ basecamp_prau_kalilembu Bc Patak banteng : @ranger_prau Bc igirmranak: @basecamp.prau_igirmranak Bc Wates : @gunungprau_viawates . dan tunggu kabar tanggal resmi dibuka ! segera.. . 🎥 @prau_mountain 🎼 puncak Prau @asune_djowo #prau_mountain

Sebuah kiriman dibagikan oleh GUNUNG PRAU (@prau_mountain) pada

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: