Wujud Rasa Syukur, Warga Dusun Drojogan Magelang Gelar ‘Grebeg Ojek’ Secara Terbatas

BNews—MAGELANG— Sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME atas limpahan rezeki selama setahun, warga Dusun Drojogan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang menggelar Tradisi Grebeg Ojek. Acara dilaksanakan di dusun setempat pada Minggu (31/10/2021).

Acara Tradisi Grebeg Ojek kali ini mengangkat tema ‘Merawat Budaya, Memelihara Asa’. Diketahui bahwa di Dusun Drojogan, kebanyakan mata pencaharian masyarakatnya adalah sebagai penjual ojek (cilok).

”Banyak yang jualan Ojek disini mas. Sekitar 17 sampai 20 orang. Jadi Grebeg Ojek ini sekaligus untuk acara pesta rakyat warga Dusun Drojogan,” kata Wakil panitia Tradisi Grebeg Ojek, Muchamad Sodik.

Kegiatan ini sendiri sebenarnya sudah diadakan sejak tahun 2014 lalu namun pada 2020 tidak dilaksanakan karena situasi Pandemi. Kemudian di tahun 2021 ini, acara kembali digelar terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

”Acara diawali kirab gunungan Ojek oleh Komunitas Petruk Bagong. Dilanjutkan doa, dan setelah itu Gunungan Ojek dan tumpeng dibagikan kepada masyarakat yang hadir,” jelas Sodik.

Dia pun berharap, kegiatan ini dapat menjadi bentuk ekspresi warga, pesta rakyat namun dalam kerangka rasa syukur atas nikmat dari Tuhan YME.

Hari Bawartati selaku mewakili Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang yang hadir dan membuka acara tersebut memberikan apresiasi terhadap kegiatan tradisi Grebeg Ojek ini.

“Kami berharap dengan kegiatan Grebeg Ojek ini masyarakat Dusun Drojogan selalu diberikan Rizqi melimpah, kesehatan dan keselamatan,” katanya.

Kegiatan tersebut menurut Tatik, panggilan Hari Bawartati juga merupakan salah satu program Fasilitasi Upacara Tradisi yang diadakan oleh Disdikbud Kabupaten Magelang.

“Semoga program ini bermanfaat untuk menggali nilai-nilai tradisi. Pesan kami kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan,” lanjutnya.

Selain dari Disdikbud Kabupaten Magelang, kegiatan Tradisi Grebeg Ojek juga turut dihadiri oleh Kepala Desa Sidomulyo, Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo dan pejabat setempat. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: