Mahasiswa UNIMMA Sulap Limbah Galon Jadi Pot Bunga Inspiratif di SD Negeri Paremono 4

BNews–MAGELANG– Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Magelang memiliki program khusus yang memberikan manfaat bagi mahasiswanya. Salah satu program tersebut adalah MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Program MBKM ini sudah dilaksanakan selama 3 periode. Dan pada tahun ini SD Negeri Paremono 4 menjadi salah satu sekolah negeri yang menjadi tempat untuk melaksanakan kegiatan MBKM angkatan 3 ini.

Mahasiswa yang ditempatkan di SD Negeri Paremono 4 berjumlah 5 orang. Yakni Putri Asmazta Yusvinthawati, Ema Efita Putri, Della Aprilia Sari, Annisa Alfiyani Susanti, dan Hastuti Eliyana. Serta Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Rasidi, M.Pd dan Guru Pamong Yunik Rahmawati, S.Pd. SD.

Program MBKM ini menuntut mahasiswa untuk bisa kreatif, inovatif, dan juga inspiratif. Maka dari itu, mahasiswa mempunyai ide yang inspiratif untuk memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yg bernilai guna dan seni.

Selain itu juga dapat memberi edukasi kepada siswa dan melatih siswa untuk bisa berkreasi dan melatih kreatifitas siswa di SD Negeri Paremono 4.

Kegiatan ini juga dapat melatih siswa bekerja sama dalam kelompok dan bergotong royong menghasilkan suatu barang dari limbah bahan bekas menjadi hasil karya seni yang memiliki nilai guna yaitu pot untuk penghijauan sekolah.

“Kami sangat mendukung penuh kegiatan ini, selain untuk melatih kreativitas siswa dengan membuat pot bunga hias, juga diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberi perubahan terhadap SD Negeri Paremono 4 agar bisa lebih hijau lagi dengan banyaknya tanaman”, Bu Siti Fatonah, Selaku Kepala Sekolah SD Negeri Paremono 4.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pemanfaatan limbah galon ini juga membantu sekolah dalam kegiatan akreditasi yang akan dilaksanakan pada akhir bulan juli sampai awal agustus. Sehingga kegiatan ini bukan hanya bermanfaat bagi siswa tetapi juga bagi sekolah.

Kegiatan melukis galon ini melalui beberapa tahapan dalam pembuatannya. Langkah yang pertama yaitu siswa menggambar pola dalam botol yang sudah di sediakan. Langkah kedua galon dipotong dengan menyesuaikan pola. Langkah ketiga siswa memberi warna sesuai dengan karakter yang digambar pada pola, dengan menggunakan chat kayu yang telah di sediakan.

Dalam kegiatan ini siswa banyak bentuk karakter yang siswa ciptakan, mulai dari gambar buah serta karakter kartun yang mereka sukai. Siswa juga berpendapat bahwa kegiatan melukis balon ini membuat mereka terasa menyenangkan.

“Dalam kegiatan melukis galon ini, seluruh mahasiswa MBKM sangat antusias dan berpartisipasi untuk mensukseskan acara ini” ucap Ema Efita Putri, salah satu mahasiswa MBKM Angkatan 3. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: