Mengatasi Dampak Buruk Penyakit Kritis, Begini Cara Bijaknya

BNews-TIPS– Penyakit kritis memberikan dampak serius bagi mereka yang terdiagnosa. Selain mengubah kondisi kesehatan seseorang, biaya pengobatan penyakit kritis tidak murah karena butuh perawatan medis intensif dan perhatian khusus.  

Penyakit kritis kini bukan lagi didominasi mereka yang berada di kelompok usia senja, tetapi juga anak muda. Sebab, penyakit serius ini bisa timbul karena dampak kebiasaan yang dilakukan di masa muda.

Untuk menjaga kondisi finansial karena dampak penyakit kritis yang dialami, maka asuransi penyakit kritis hadir sebagai solusinya. Dengan asuransi penyakit kritis, maka dapat mengurangi beban finansial yang hadir ketika tertanggung harus menjalani pengobatan.

Buat mengetahui polis asuransi penyakit kritis selengkapnya dan bagaimana cara mendapatkannya, mari simak dalam artikel berikut.

Mengenal Asuransi Penyakit Kritis dan Manfaatnya

Asuransi penyakit kritis adalah jenis asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan finansial jika Anda didiagnosa mengidap penyakit kritis. Dengan catatan, penyakit tersebut tercakup dalam polis asuransi yang disepakati.

Adapun jenis-jenis penyakit kritis yang umum ditanggung dalam proteksi sakit kritis adalah jantung, stroke, diabetes, kanker dan penyakit kronis lainnya. Memiliki asuransi penyakit kritis  dapat melindungi diri dan keluarga dari risiko yang disebabkan oleh penyakit serius tersebut.  

Manfaatnya sangat beragam, mulai dari pembayaran biaya pengobatan, biaya hidup selama masa pemulihan, hingga santunan jika Anda meninggal dunia akibat penyakit kritis yang tercakup dalam polis.

Perbedaan Asuransi Penyakit Kritis Vs Asuransi Kesehatan

Meski menawarkan cakupan manfaat yang luas, Anda mungkin masih bertanya apakah lebih baik memilih asuransi penyakit kritis atau asuransi kesehatan biasa?

Buat menjawabnya, maka Anda harus memastikan diri sendiri dulu. Pasalnya, hal ini tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda.

Asuransi kesehatan biasa memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis penyakit dan cedera. Sementara itu, asuransi penyakit kritis fokus pada perlindungan terhadap penyakit serius yang dapat mengancam hidup seseorang.

Penyakit serius memiliki risiko kematian tinggi atau mengancam jiwa. Karena itu, pastikan Anda memahami betul apa saja cakupan yang diberikan, termasuk jenis-jenis penyakit yang ditanggung proteksi ini.

Mereka yang Wajib Memiliki Asuransi Kesehatan Penyakit Kritis

Asuransi kesehatan penyakit kritis penting bagi siapa saja. Terutama untuk mereka yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit kritis, seperti riwayat keluarga dengan penyakit serius, gaya hidup yang tidak sehat, atau usia lanjut.

Asuransi penyakit kritis memberi manfaat berupa santunan tunai jika seseorang terdiagnosa penyakit serius atau kronis. Kehadiran pencari nafkah utama sangat penting dalam sebuah keluarga, sehingga saat mengalami risiko penyakit kritis akan membuat perputaran keuangan keluarga ikut terganggu.

Itu mengapa, proteksi penyakit kritis penting dimiliki mereka pencari nafkah utama. Sehingga, saat memiliki dana sangat direkomendasikan melengkapi perlindungan kesehatan dengan asuransi penyakit kritis.

Selain kategori di atas, semua orang baik yang sudah berusia maupun masih muda penting memproteksi diri dan keluarga dengan asuransi ini. Sebab, risiko penyakit kritis bisa datang pada siapa saja dan kapanpun.

Pengecualian dalam Asuransi Penyakit Kritis

Seperti halnya jenis asuransi yang lain, asuransi penyakit kritis juga memiliki pengecualian-pengecualian tertentu.

Beberapa kondisi atau penyakit mungkin tidak tercakup dalam perlindungan. Seperti penyakit yang sudah ada sebelum membeli polis atau penyakit akibat kebiasaan buruk seperti merokok.

Karena itu, pastikan Anda memahami dengan baik syarat dan ketentuan yang tercantum dalam polis asuransi.

Hal-Hal Penting Diperhatikan Saat Memilih Asuransi Penyakit Kritis

Setelah mengetahui alasan penting memiliki asuransi penyakit kritis, Anda juga harus memahami hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli produknya.

Cakupan perlindungan sesuai kebutuhan

Pastikan asuransi yang Anda pilih memiliki cakupan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan. Termasuk jenis penyakit kritis yang tinggi risikonya untuk Anda alami.

Cari pilihan pembayaran premi fleksibel

Pilihlah produk yang menawarkan pilihan pembayaran premi yang fleksibel. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan pembayaran dengan kondisi keuangan.

Menanggung hingga usia lanjut

Perhatikan juga sampai usia berapa asuransi tersebut memberikan perlindungan. Apakah hingga usia lanjut, atau hanya untuk jangka waktu tertentu.

Pengecualian asuransi tertulis jelas dalam polis

Pastikan Anda memahami dengan baik pengecualian asuransi yang tertulis jelas dalam polis. Sehingga, Anda tidak perlu menghadapi ketidaksesuaian saat mengajukan klaim.

Memiliki keuangan perusahaan yang baik

Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki keuangan yang baik dan reputasi terpercaya. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan keberlangsungan perlindungan Anda di masa mendatang.

Memilih Asuransi Penyakit Kritis Terbaik

Memilih asuransi penyakit kritis terbaik memerlukan pertimbangan yang matang. Anda perlu membandingkan berbagai produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, termasuk cakupan perlindungan, besaran premi, dan reputasi perusahaan tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kebutuhan tersebut adalah dengan pelajari asuransi online terbaik.

Lewat asuransi online, Anda bisa memperoleh produk proteksi penyakit kritis. Salah satu penyedia asuransi online terbaik yang bisa dipilih adalah roojai.co.id.

Di Roojai, Anda bisa mencari berbagai produk proteksi sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan. Termasuk, asuransi penyakit kritis yang memang menjadi salah satu produk perlindungan yang dijual.

Telah resmi terdaftar di OJK, Roojai menawarkan asuransi penyakit kritis dengan harga polis yang terjangkau dan proses klaim yang mudah.

Berpengalaman sebagai insurtech ternama di Thailand, Roojai telah mendapatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan yang tinggi. Jadi, tidak perlu ragu lagi memilih Roojai untuk asuransi penyakit kritis terbaik yang sesuai kebutuhan!

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: