Sering Alami Tremor? Mungkin Ini Penyebabnya

BNews—KESEHATAN— Tremor adalah getaran yang tidak disengaja dan tidak terkendali dari satu bagian atau satu anggota tubuh. Getaran bisa terjadi di bagian tubuh mana saja dan kapan saja. Kondisi ini biasanya disebabkan adanya masalah di bagian otak yang mengontrol gerakan otot.

Tremor adalah gejala, bukan kondisi medis tersendiri. Terkadang tidak ada penyebab yang jelas, terkadang itu adalah pembesaran dari getaran fisiologis normal tubuh, yang disebabkan oleh stimulan sementara seperti kafein atau obat-obatan. Di antara penyebab tremor yang paling umum dan penting, yaitu:

1. Tremor Esensial

Penyebab paling umum dari tremor yang signifikan dan persisten adalah tremor esensial. Kondisi ini tidak membahayakan, tidak menyebabkan kondisi lain, dan tidak mempengaruhi harapan hidup seseorang.

Namun, bagi banyak pengidap, goncangan yang tidak terkendali sama sekali tidak berbahaya. Hal itu bisa membuat aktivitas sehari-hari yang paling sederhana menjadi tantangan, dan memiliki efek besar pada kepercayaan diri seseorang.

2. Kegelisahan

Kecemasan, seperti kegembiraan, menstimulasi pelepasan hormon yang disebut adrenalin yang disebut hormon ‘fight or flight’. Kondisi ini memiliki efek mendalam pada banyak bagian tubuh, sebagian besar ditujukan untuk meningkatkan kewaspadaan, kekuatan otot, dan kemampuan tubuh untuk melarikan diri dari bahaya atau berbalik dan menghadapinya.

Adrenalin merangsang ujung saraf, meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot di lengan dan kaki. Kedua faktor ini membuat tubuh cenderung gemetar. Tremor juga berkaitan dengan kecemasan disertai dengan detak jantung yang cepat, sesak napas, mulut kering, dan terkadang nyeri dada.

3. Gula Darah Rendah

Gula darah rendah, sering terjadi jika seseorang mengalami diabetes yang diobati dengan insulin. Atau pengobatan diabetes tipe 2 dengan tablet sulfonilurea (SU). Obat ini merangsang pankreas memproduksi banyak insulin, yang menurunkan gula darah terlalu rendah.

4. Kafein

Kafein adalah stimulan yang meningkatkan tingkat kewaspadaan dan merangsang saraf. Meski berguna untuk membuat kamu tetap terjaga, sejumlah besar kafein bisa menyebabkan tremor dan palpitasi dalam waktu singkat.

5. Obat-obatan

Penyebabnya termasuk terlalu banyak salbutamol (obat untuk meredakan gejala asma), lithium karbonat, beberapa obat epilepsi, dan beberapa pengobatan kanker. Beberapa antidepresan juga bisa membuat tubuh terasa gemetar.

6. Penyakit Parkinson

Tremor adalah salah satu dari tiga gejala utama penyakit parkinson, meskipun tidak selalu terjadi. Ketiga gejala tremor terjadi, biasanya mempengaruhi tangan dan lengan dan cenderung lebih buruk ketika tidak bergerak. Tremor sering kali menjadi gejala pertama yang diperiksa dokter dan mengarah pada diagnosis.

7. Penggunaan Narkoba

Beberapa obat rekreasi atau narkotika bisa menyebabkan tremor dan gangguan gerakan lainnya. Tremor bisa bertahan meski kamu berhenti menggunakannya.

8. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Kekurangan vitamin, terutama vitamin B1, bisa menyebabkan tremor. Begitu juga penyakit Wilson, kondisi bawaan di mana terlalu banyak tembaga menumpuk di tubuh juga dapat menyebabkan tremor. (*)

Sumber: halodoc.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!