SIMAK !! Cara Mengatasi Flu Akut Pada Ibu Menyusui, Tak Sembarangan Lho…

BNews-KESEHATAN– Flu atau influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Orang yang mengalami kondisi ini akan merasakan sakit kepala, demam, sakit tenggorokan, dan nyeri di seluruh tubuh.

Flu merupakan masalah yang sering dialami oleh ibu menyusui (busui), karena dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang berperan dalam sistem kekebalan. Hal ini membuat busui lebih rentan terhadap infeksi, termasuk flu.

Lalu, bagaimana cara mengatasi flu pada busui?

Cara Mengatasi Flu pada Busui

Busui seringkali mengalami kurang tidur dan kelelahan akibat aktivitas menyusui, terutama pada malam hari. Kelelahan ini dapat melemahkan sistem kekebalan dan meningkatkan risiko terkena influenza.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi flu pada busui:

  1. Menggunakan humidifier

Humidifier bekerja dengan meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan. Udara yang lembap dapat membantu meredakan gejala flu, seperti hidung tersumbat karena lendir menjadi encer dan mudah dikeluarkan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selain itu, udara yang lembap juga dapat membantu mengurangi risiko penularan virus flu yang cenderung menyebar di udara kering. Secara singkat, humidifier dapat membantu menjaga kelembapan udara dan mengurangi risiko infeksi.

  1. Minum banyak air

Air dapat membantu menjaga kelembapan hidung, mulut, dan tenggorokan. Hal ini dapat membantu mengencerkan dan memudahkan proses pengeluaran lendir yang menumpuk di saluran pernapasan.

Selain air putih, busui juga disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis cairan lainnya, seperti air kelapa, teh herbal, jus segar, sup ayam, kaldu ayam, buah-buahan, dan sayuran yang mengandung banyak air.

Tubuh akan memberikan beberapa tanda jika asupan air sudah cukup, seperti buang air kecil secara teratur dan warna urine yang bening atau kuning pucat.

  1. Tingkatkan kekebalan tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh mungkin tidak akan membantu mengatasi flu yang sudah ada, tetapi dapat melindungi tubuh dari infeksi lainnya. Cara ini juga dapat mencegah gejala flu yang lebih lanjut dan jangka panjang.

Beberapa cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan tidur selama 7-8 jam di malam hari, mengonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang, berolahraga secara teratur, dan mengikuti pedoman serta jadwal vaksinasi flu.

  1. Mandi air hangat

Paparan uap air hangat dapat membantu melebarkan saluran pernapasan, memudahkan pernapasan, dan mengurangi hidung tersumbat. Selain itu, mandi air hangat juga dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh, mengurangi ketegangan otot, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Proses ini dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman dan memberikan sensasi nyaman bagi penderita flu, walaupun efeknya bersifat sementara. Jika sakit masih berlanjut, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

  1. Irigasi hidung dengan saline

Larutan saline dapat membantu membersihkan lendir, kuman, dan partikel lain yang menyebabkan hidung tersumbat. Proses irigasi ini juga dapat meningkatkan aliran lendir sehingga memudahkan pernapasan.

Proses irigasi ini secara efektif membersihkan hidung, membantu mengurangi gejala seperti hidung berair dan hidung tersumbat, serta meningkatkan kenyamanan saat bernapas. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: