Antisipasi Lonjakan Pasien Covid, Pemkab Magelang Siapkan Dua Gedung Isolasi Terpusat

BNews–MUNGKID– Pemkab terus lakukan antisipasi bilamana terjadi lonjakan kasus covid-19 di Kabupaten Magelang. Dua gedung sudah disiapkan untuk isolasi terpusat.

Dua tempat isolasi terpusat tersebut berada di Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Laboratorium Kebencanaan Universitas Diponegoro. Lokasinya berada di wilayah Desa Gulon Kecamatan Salam Kabupaten Magelang

“Selain Rumah Sakit Daerah, isolasi mandiri di rumah masyarakat, Satgas juga mempersiapkan dua tempat tersebut,” ungkap JurBir Satgas Penangan Covid 19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi. (21/12/2020) dikuti beritamagelang.

Menurut Nandan, peruntukan kedua gedung itu sebagai antisipasi jika jumlah kasus covid-19 semakin meningkat di Kabupaten Magelang.

“Untuk kapasitas di Pustu Gulon Salam baru 13 tempat tidur, sedangkan Laboratoium Undip untuk tim medis,” imbuhnya.

Gedung Laboratorium Undip itu semula diperuntukan untuk Tempat Evakuasi Akhir (TEA) bencana erupsi Gunung Merapi untuk masyarakat dari Desa Kaliurang Kabupaten Magelang. Namun sesuai rekomendasi Balai Peneyelidikan Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dalam status Siaga saat Merapi saat ini Desa Kaliurang yang berada di Kawasan Rawan Bencana Merapi tidak direkomendasikan untuk mengungsi.

Rencananya Gedung Pustu akan digunakan untuk pasien covid-19 dengan gejala ringan yang tidak dapat melakukan isolasi mandiri. Sedangkan Gedung Laboratorium Kebencaan Undip dikhususkan bagi transit tim medis yang melayani pasien Pustu.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Secepatnya bisa digunakan, saat ini sedang proses. Tim teknis sudah bekerja tinggal kita melakukan percepatan supaya dalam waktu dekat bisa dipergunakan,” jelas Nanda.

Berdasar pantauan, sejumlah fasilitas tersedia di kedua gedung yang jauh dari pemukiman warga tersebut seperti jaringan listrik, bilik kamar, ruang periksa dan toilet terlihat layak mencukupi.

“Tim dari Kabupaten Magelang sudah melihat sini untuk persiapan tim medisnya,” kata Juru Rawat Gedung Laboratorium Undip, Heri.

Heri mengungkapkan, fasilitas ruang pemeriksaan di dalam gedung Laboratorium Undip setiap saat juga digunakan oleh tim medis Undip untuk melayani masyarakat. Selain kelengkapan medis, mobil operasional juga telah tersedia.

Di bagian belakang gedung utama laboratorium terdapat empat toilet, ruang genset dan gudang besar. Gudang tersebut kini sudah disekat untuk bilik-bilik kamar lengkap beserta lampu penerangan.

Selain fasilitas tersebut, terdapat tanah lapang yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda dapur umum maupun tempat berolahraga.

“Ini sudah dipersiapkan untuk kebutuhan jika Kabupaten akan menggunakannya,” ujar Heri. (*)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: