Begini Persiapan Disperpa Kota Magelang Menyambut Hari Raya Idul Adha 2020

BNews—MAGELANG—Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang telah melakukan persiapan dalam perayaan Idul Adha 1441 Hijriah. Dimana hari Idul Adha tersebut jatuh pada 31 Juli mendatang.

Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Disperpa Kota Magelang, Hadiono mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai hal. Meliputi pemeriksaan kesehatan ke beberapa depo ternak dan pengawasan di beberapa masjid yang menyediakan hewan kurban.

”Pemeriksaan kesehatan dilakukan bekerja sama dengan dokter hewan di Puskeswan Kota Magelang,” kata dia, kemarin (23/7/2020).

Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi antemortem (sebelum dipotong) agar hanya hewan sehat saja yang dipotong. Kemudian postmortem (sesudah dipotong) yang mengutamakan pada kelainan organ spesifik seperti hati, limpa, paru, dan jantung.

”Dari Puskeswan, kita punya lima dokter hewan yang turut membantu dalam pelaksanaannya,” jelas Hadiono.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Lanjutnya, hewan ternak yang berasal dari luar daerah akan diperiksa melalui SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan). Hal tersebut guna menjamin keamanan dan kesehatan.

”Selain dari luar kota, kami juga akan memeriksa SKKH dari depo. Yang sudah melalui pemeriksaan kami akan berikan sertifikat,” imbuhnya.

Kepala Seksi Peternakan Disperpa Kota Magelang, Sugiyanto berharap pelaksanaan kurban tahun ini lebih lancar dengan adanya kader Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner). Yakni kader yang telah menerima pelatihan terkait bagaimana membedakan daging sehat atau tidak.

”Ditengah pandemi Covid-19 ini diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, Takmir masjid juga bisa memperbanyak relawan demi mendukung kelancaran distribusi hewan kurban,” imbuhnya.

Tambahnya, panitia kurban yang sudah dibentuk, untuk bisa menyediakan thermo gun dan menyiapkan APD lengkap. Apalagi saat pembagian daging kurban, diharapkan ada relawan yang bisa membantu antar ke rumah-rumah mustahik guna meminimalisir kerumunan.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu telah dilakukan sosialisasi pedoman pelaksanaan Idul Adha 1441 H yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Magelang  Joko Budiyono dan Bagian Kesra Setda Kota Magelang. Acara tersebut turut mengundang dewan masjid, takmir, lurah dan camat se-Kota Magelang.

Download Musik Keren Disini

Pedoman tersebut mengacu pada Surat Edaran (SE) dari Kementerian Pertanian, Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor 0008/SE/PK.320/F/06/2020. Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non-Alam Corona Virus Disease (Covid-19).

Serta SE dari Kementerian Agama Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Penyembelihan Hewan dan Kehalalan Daging Kurban dalam Situasi Covid-19. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: