Disdikbud Kota Magelang Maksimalkan Persiapan UNBK SMP

BNews—MAGELANG— Penyelenggaraan Ujian Nasioal (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih dua bulan lagi. Namun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari.

Kepala Disdikbud Kota Magelang, Agus Sujito menuturkan, sudah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi ujian yang akan dilaksanakan tanggal 20-23 April 2020 mendatang. Termasuk dengan melaksanakan bedah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk masing-masing pelajaran yang akan diujikan.

”Diantaranya mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahun Alam,” tutur Agus saat ditemui di ruangannya, Senin (3/2).

Agus mengatakan, sistem pelaksanaan ujian kali ini masih masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni berbasis komputer (UNBK). Secara umum, pihaknya juga telah selesai menyediakan perangkat komputer serta melakukan pengecekan disemua SMP se-Kota Magelang.

”Agar siswa tidak asing, kami meminta sekolah melaksanakan uji coba (simulasi) menggunakan komputer. Alhamdulillah sudah dilakukan dan berlangsung lancar,” kata Agus.

Disdik setempat juga telah mengumpulkan seluruh kepala sekolah dan berpesan untuk semakin berperan aktif demi kesuksesan anak, sekolah dan UNBK. Diantaranya dengan mengoptimalkan pembelajaran berbasis daring (online) atau E-Learning.

”E-Leaning sendiri merupakan pembelajaran berbasis elektronik untuk membantu proses belajar mengajar,” ujarnya.

Imbuh Agus, jumlah peserta UNBK tingkat SMP sejumlah 3.465 siswa. Terdiri dari 14 SMP negeri dan tujuh swasta. Ia menghimbau kepada semua sekolah untuk membantu siswa dan siswi dalam mengatur waktu belajar mereka.

”Begitu juga untuk para orang tua atau wali murid untuk terus memantau waktu belajar anak-anaknya agar nanti bisa memperolah hasil maksimal,” imbuh dia. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: