DPRD Kabupaten Magelang Dorong Percepatan Vaksinasi, Berharap Segera Turun Level PPKM

BNews–MAGELANG– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang mendorong percepatan Vaksinasi Covid-19. Selain tujuan mencapai herd immunity, vaksinasi juga mempercepat penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Magelang dari level 3 menjadi level 2.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang, Syukur Ahadi mengungkapkan pihaknya mendorong agar vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah ada akselerasi. Tujuannya, sebagai salah satu cara agar segera terlepas dari pandemi Covid-19, karena secara empiris sudah dibuktikan bahwa vaksinasi bisa meningkatkan imunitas melawan virus Corona.

“Sudah terbukti daerah yang capaian vaksinasinya tinggi, penularan virusnya dapat ditekan. Maka kami gerakkan vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum hingga pelajar dan santri,” katanya, Jumat (5/11/2021).

Ia menyebutkan salah satu syarat agar turun dari PPKM level 3 menjadi level 2 adalah capaian vaksinasi sebanyak 50% dari sasaran. Sasaran di Kabupaten Magelang sebanyak 1,029 juta jiwa, diharapkan tercapai pada bulan November ini. Saat ini capaian sudah hampir mendekati angka 50% tersebut.

Upaya mendorong vaksinasi ini juga disertai pendampingan langsung ke lokasi vaksinasi. Anggota DPRD Kabupaten Magelang terjun langsung mengupayakan digelarnya vaksinasi ini di berbagai wilayah. Komisi IV yang membidangi salah satunya kesehatan ini juga terus mengevaluasi pelaksanaan vaksinasi, kaitannya dengan upaya percepatan hingga permasalahan yang dihadapi dan cara mengatasinya.

Sejauh ini, kendala yang dihadapi untuk percepatan vaksinasi ini adalah ketersediaan vaksin dan pendukung yang dibutuhkan, meliputi tenaga kesehatan (nakes) dan peralatannya. Syukur Ahadi mengakui karena kegiatan vaksinasi ini sangat akseleratif maka saat di tengah jalan stok vaksin menipis. Pihaknya pun segera mengupayakan solusi dengan berkoordinasi.

“Kami juga memperhatikan ketersediaan nakes. Mereka ini kerja keras melayani masyarakat. Kami mendorong dan ikut mendampingi mereka agar tetap bekerja keras melayani masyarakat,” jelas Ketua Fraksi PKB tersebut.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ia bersyukur, saat ini kesadaran masyarakat sudah tinggi untuk ikut vaksinasi. DPRD juga terus melakukan edukasi agar warga yang belum divaksin segera mau mendaftar vaksinasi. Adapun bagi warga yan sudah divaksin, Syukur Ahadi meminta mereka memberikan pencerahan pada tetangganya yang belum yakin akan vaksin agar menjadi yakin dan segera ikut vaksinasi.

DPRD Kabupaten Magelang mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Magelang yang telah bekerja keras melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 ini. Hasil yang telah dicapai saat ini juga berkat sinergi eksekutif, legislatif, didukung oleh TNI, Polri bahkan tokoh masyarakat seperti kiai.

Bahu-membahu mendukung vaksinasi ini dilakukan dengan harapan Kabupaten Magelang menjadi lebih baik. Jika PPKM turun level menjadi level 2, maka banyak bidang kehidupan bisa digelar lebih luas.

“Jika PPKM turun level, pembelajaran tatap muka di sekolah bisa lebih ditingkatkan. Aktivitas di pasar juga lebih longgar, hajatan bisa digelar dengan lebih banyak. Adanya pelonggaran ini tentu akan berpengaruh pada pendapatan masyarakat yang akan meningkat. Lebih lanjut akan meningatkan kesejahteraan warga Kabupaten Magelang,” tuturnya.

Di samping upaya vaksinasi, Syukur juga mengingatkan masyarakat agar tidak kendor dalam mematuhi protokol kesehatan. “Tetap patuhi 5M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas. Jadikan protokol kesehatan sebagai budaya hidup sehari-hari agar kita segera keluar dari pandemi Covid-19,” katanya. (ADV).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: