Dua Hotel di Solo Ditutup Karena Delapan Tamu Positif Covid

BNews–SOLO– Dua hotel di Solo ditutup oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat Kamis kemarin (16/7/2020). Hal tersebut menyusul terdapat tamu dinyatakan positif covid-19.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Jawa Tengah, Ahyani,

Membenarkan penutupan dua hotel bintang empat di wilayahnya. “Terdapat delapan tamu dinyatakan positif covid-19,” katanya dikutip CNN Indonesia (16/7/2020).

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Solo lantas menutup dua hotel tersebut selama sepuluh hari ke depan untuk mencegah penularan virus corona.

“Kami tutup mulai hari ini untuk penyemprotan disinfektan. Pegawai hotel yang kontak langsung kita contact tracing mulai dari resepsionis sampai pelayan kamar,” imbuhnya.

Ahyani menjelaskan bahwa pengunjung yang merupakan pegawai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu menjadi narasumber acara. Dimana acara tersebut yang diadakan salah satu universitas di Solo, Selasa (14/7).

Sebelum berangkat ke Solo, ajudan salah satu narasumber dari Kemenparekraf itu sempat diambil sampel untuk tes swab karena merasakan gejala ringan Covid-19. Namun karena lama menunggu hasil uji PCR, ia berangkat dengan pesawat menggunakan surat keterangan sehat berdasarkan rapid test.

“Sampai di sini, ternyata hasil PCR-nya positif,” ujarnya.

Setelah mendapat laporan tersebut, petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo langsung melakukan pemeriksaan terhadap rombongan. Hasilnya, delapan orang terkonfirmasi positif virus corona.

Informasi dikutip CNN Indonesia, tim tersebut sempat meminta untuk menjalani karantina mandiri di hotel. Hal itu dengan alasan tidak ada keluhan sama sekali.

Namun, Pemkot Solo menolak karena harus menyediakan dokter yang memantau kesehatan secara khusus.

“Kami langsung bawa mereka untuk isolasi di rumah sakit. Karena kami enggak yakin mereka bisa isolasi mandiri di hotel,” pungkasnya. (*/islh)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: