Ini Daftar Kesenian Tradisional yang Meriahkan Festival Lembah Merapi

BNews—MUNGKID— Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang kembali menggelar Festival spectakuler bulan Agustus 2019 ini. Festival Lembah Merapi 2019 akan digelar tanggal 2-4 Agustus 2019 di Puncak Bukit Gununggono Desa Banyubiru Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

Selain sebagai salah satu upaya promosi wisata di Kabupaten Magelang, Festival ini juga untuk menguri-uri budaya jawa. “Dalam Festival tersebut terdapat rangkaian Parade Lomba Kesenian Rakyat Kabupaten Magelang, seperti event-event sebelumnya juga,” ungkap Plt Bidang Pemasaran dan Kelembangaan Disparpora Kabupaten Magelang, Zumrotun Rini sesaat usai memimpin TM peserta lomba kesenian di TIC Borobudur pagi tadi (25/7).

Disebutkan juga bahwa setiap event yang digelar oleh Disparpora Kabupaten Magelang selain untuk promosi wisata juga sebagai ajang promosi seni budaya di Kabupaten Magelang. Banyak kelompok kesenian rakyat di Kabupaten Magelang mendaftar pada Festival Lembah Merapi 2019 ini, namun tetap diseleksi oleh tim.

“Sebanyak 50an kelompok kesenian ikut mendaftar ingin ikut lomba kesenian rakyat kali ini, namun tetap kami seleksi dan batasi dan kita ambil 20 kelompok kesenia terbaik dari video yang mereka kirim saat mendaftar,” imbuhnya.

Loading...

Untuk 20 kelompok kesenian rakyat yang akan mengikuti perlombaaan dalam Festival Lembah Merapi 2019 yakni : Kubro Siswo Bangun Mudo         Candilopo, Banyubiru, Topeng Ireng Setyo Kawedar Pandean, Banyubiru, Dukun, Bregodo Bathoro Gedroex Ngablak Keji, Muntilan, Topeng Ireng Ki Somo Menggolo Kawedar Kemiriombo, Dukun, Topeng Ireng Majanil Muslimin Gununggono, Banyubiru, Brodut Brojo Mudo     Brajan, Danurejo, Mertoyudan, Topeng Ireng Wira Catra Barepan ,wanurejo kec.Borobudur, Jathilan Wahyu Manunggal Budoyo Kajangkoso, Mangunsoko, Dukun, Topeng Ireng Kusuma Rimba Citaan, Sawangargo, Salaman, Kubro Siswo Ponco Siswo Banjaran,Klipoh, Karanganyar, Borobudur. Dan Topeng Ireng Angklung Rukun Kawedar Krogowanan, Sawangan. Untuk kelompok kesenian tersebut akan pentas pada hari Jumat 2 Agustus 2019 mulai pukul 09.00 hingga 16.30 wib.

Sedangkan untuk hari Sabtu 3 Agustus akan dimulai pukul 09.00 hingga 15.00 wib. Kelompok kesenian yang akan tampil yakni Jathilan Campur Krido Budoyo Dusun Gadingan, Banyubiru, Soreng Wiroto Budoyo Garon, banyuroto, Sawangan, Topeng Ireng Maheso Lodro Puton Tuksong, Borobudur, Reog Margo Utomo Karangrejo, Krogowanan, Sawangan, Topeng Ireng Brayat Larung Maudro  Secang Krajan 3, Secang, Reog Wahyu Budoyo   Ngaliyan, Petung, Pakis, Jathilan Wahyu Satrio Budoyo      Pengarengan 1, Pengarenganm, Kaliangkrik, dan Jathilan Rukun Sabdo Jati (Anoman) Genting ,Ngendrokilo,  Kaliangkrik.

Zumrotun juga menambhkan untuk malam minggu aka nada konser symphony gunung dengan bintang tamu Ifan vokalis Seventeen. “Para pengunjung dan wisatan bisa menikmatinya secara gratis semua,” tegasnya.

Untuk hari Minggu 4 Agustus 2019 akan digelar lomba parade hewan hias. Dan dilanjutkan kirab gunungan dan budaya untuk dilanjutkan grebeg gunungan. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: