Kata “SLEMAN” Jadi Trending Topic Di Twitter, Ini Penyebabnya

BNews–SLEMAN– Kicauan sebuah akun twitter membuat kata “Sleman” menjadi salah satu trending topic pada Senin malam (11/1/2021).

Terpantau hingga Senin malam, sedikitnya 1.847 warganet mencuitkan tentang kata Sleman. Namun, sebagian warganet mempertanyakan asal muasal kata Sleman bisa menjadi trending topic.

Sejumlah warganet mengungkapkan kemungkinan penyebabnya, yaitu sebuah unggahan tentang slogan kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Unggahan itu dicuitkan oleh akun @jawafess. Pada Senin siang, akun dengan 562 ribu pengikut tersebut mengunggah sebuah meme berisi slogan daerah-daerah di DIY. Yakni Jogja Istimewa, Kulonprogo Binangun, Gunungkidul Handayani, Bantul Projotamansari.

Pada kata Sleman, kolom di sampingnya bukan berisi kata, namun berisi gambar seperangkat audio speaker. “Maksude iki opo lur?” [Maksudnya ini apa, saudara?],” tulis akun tersebut saat mengunggah foto meme.

Dalam penyebutan tentang slogan daerah, Sleman dikenal dengan Sleman Sembada. Sembada artinya kepribadian yang pantang menyerah, tabu berkeluh kesah, menepati janji, taat azas dan bulat tekatnya.

Adapun gambar audio speaker itu diduga merupakan parodi tentang kata Sembada yaitu sebuah merek audio speaker Simbadda.

Unggahan tentang meme ini mendapatkan banyak tanggapan dari warganet. Dalam waktu lima jam, unggahan tersebut dibagikan ulang sebanyak 852 kali, dikomentari 921 warganet dan disukai oleh lebih dari 3.600 warganet.

Salah satu warganet yang meluruskan yakni @khoiiiiiiiiii. “Sleman sembodo, kui merk e simbada,” tulisnya.

“Sleman Sembodo…. Uduk simbada min….,” tulis @Cowboy_rowo.

Akun @badboyz46c menambahkan “Itu slogan kab/kota di DIY.

Kalo Sleman kan Slogannya Sleman Sembodo. Makanya dibikin meme Sembodo-nya diganti jadi Simbadda (merk Speaker).”.

“Sleman sembada, di gambar tertera speaker, mungkin speaker “Simbadda”,” tambah @thewayheusedto.

Nah, diduga gara-gara meme itu, banyak warganet ikut berkomentar tentang kata Sleman sehingga Sleman menjadi trending topic. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: