Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Semua Guru SDN Sewukan Menjadi Petugas Upacara

BNews–MAGELANG– Sesuai Surat Edaran Mendikbudristek, maka pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022 di SD Negeri Sewukan 1 diselenggarakan upacara. Hal itu dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Upacara berlangsung khidmat sejak dimulai dari pukul 07.00 sampai selesai. Upacara peringatatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 ini mengambil  tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Upacara di penghujung pekan ini diikuti 196 siswa SDN Sewukan 1, guru SDN Sewukan 1 dan guru TK Pertiwi Sewukan. Yang agak lain dari biasanya, pada upacara kali ini semua guru terlibat sebagai petugas, sedangkan siswa berperan sebagai pesertanya.

Bertindak sebagai pembawa acara yaitu Septina Risqi Wulandari, S. Pd, Guru Kelas 6 B. Suaranya merdu, jelas dan berwibawa.

Karena dibawakannya, suasana upacara ini mirip seperti upacara di istana negara. Sedangkan komandan upacara dipegang oleh Ardi Firmanto, S. Pd. SD, Guru Kelas 6 A yang enerjik.

Suaranya tegas, nyaring dan jelas dalam memberikan aba-aba. Tugas Inspektur Upacara langsung dilaksanakan sendiri oleh Kepala Sekolah, Sarindi, S. Pd. SD. Dengan didampingi  Florentina Diana Putri Larasati, S. Pd, Guru Kelas 3 B sebagai ajudan dan pembawa teks Pancasila.

Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dibacakan oleh Siti Asriyati, S. Pd. SD, salah satu guru senior yang memegang Kelas 2. Sedangkan Naskah Ikrar dibacakan oleh Sriwidayati, S. Pd, Guru Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Doa dibawakan oleh Aris Margo Susanto, S. Pd, Guru Pendidikan Agama Islam.

Sedangkan guru yang lain bertugas sebagai regu paduan suara dengan dipimpin oleh Christina Surati, S. Pd, Guru Pendidikan Agama Katholik sebagai dirigennya. Paduan suara bertugas menyanyikan lagu mengheningkan cipta dan Andika Bayangkari.

“Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini sengaja kami buat istimewa. Seluruh siswa sebagai peserta upacara, dan guru bertugas dalam upacara.  Peran-peran petugas upacara yang biasanya dilakukan oleh siswa, hari ini dilaksanakan oleh Bapak dan Ibu guru,” jelas  Sriwidayati, S. Pd, Guru Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan sebagai penanggung jawab setiap pelaksanaan upacara di SDN Sewukan 1.

“Hal ini sebagai salah satu wujud partisipasi guru dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Selain memberi teladan dan motivasi untuk siswa; juga sebagai ungkapan terima kasih para guru kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara,” imbuhnya.

Sementara Sarindi, sebagai Kepala Sekolah sangat mendukung kegiatan ini. “Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Ibu Guru yang sudah melaksanakan tugas dengan baik. Apresiasi yang tinggi atas semua tanggung jawabnya. Harapan kami, semoga pelaksanaan upacara ini membawa manfaat dan dapat menginspirasi semua siswa,” harapnya.

Setelah melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman sekolah, SDN Sewukan 1 juga mengadakan kegiatan di aula sekolah. Dengan media audio visual, para guru memberikan sosialisasi tentang sejarah Hari Kesaktian Pancasila, pentingnya Pancasila dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuannya agar anak-anak kita bukan sekedar hafal Pancasila, tetapi benar-benar dapat mempraktikkannya dalam kehidupannya, baik di sekolah maupun di rumah. (*/bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!