Pesan “Tepo Seliro” Menggema Dari Tlatah Bocah Merapi

BNews-DUKUN-Festival Tlatah Bocah XI resmi digelar hari ini di Dusun Ngandong Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun Magelang (9/9). Ratusan pengunjung dari luar daerah banyak berdatangan ke wilayah yang mepet dengan hutan merapi ini.

 

Ketua panitia Ruswoko menjelaskan bahwa acara ini rutin tiap tahun diselenggarakan bergilir di wilayah Kecamatan Dukun. “ Ini acara yang ke XI berarti sudah tahun ke-11 diselenggarakan dengan puluhan workshop dan pementasan seni,” katanya.

“Tema kali ini mengangkat tepa seliro yang bermaksud saling menghormati dan menghargai terhadap sesama tanpa membeda-bedakannya,” imbuhnya.

Acara dimulai dengan workshop batik clup, lukis cukil, pembuatan mainan tepung, sekolah sawah, lukis kaos, dan diskusi wisata berkelanjutan. Pentas seni bocah dimulai pukul 02.00 wib dengan penampilan pembuka perkusi, tari cakal lele, kubro siswo anak, dan banyak lagi.

“Acara akan digelar hingga esok hari tanggal 10 September 2017 dengan total pengisi 28 kelompok kesenian dari berbagai daerah di jawa,” ujar Rusmoko.

Camat Dukun Bambang Hermanto menerangkan event ini cukup bagus untuk menguri-uri budaya jawa.” Hal ini harus terus ditingkatkan dengan keberadaan sanggar budaya di daerah kita juha harus dimanfaatkan agar anak tidak terpaku bermain gaged terus,” katanya.

“Memang benar lewat internet dan Televisi kita bisa membuka cakrawala dunia namun harus mampu di saring dan jangan meninggalan seni, budaya dan tradisi nenek moyang kita,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: