Simak! Ini 6 Penyebab Ponsel Lamban Saat Membuka Aplikasi

BNews—TEKNOLOGI— Di zaman yang modern ini, ponsel nampaknya sudah seperti sahabat setia yang menemani seseorang di mana pun. Tak jarang, kita jadi bergantung pada ponsel dalam setiap kesempatan.

Seiring kemajuan teknologi, industri ponsel akan menambahkan fitur-fitur baru guna mendukung setiap kegiatan manusia. Namun semakin lama ponsel digunakan, performanya bisa semakin melambat.

Performa ponsel yang melambat tentu akan mengganggu aktivitas, apalagi bila ponsel tersebut digunakan untuk bekerja maupun kepentingan lainnya.

Nah, berikut sejumlah alasan yang mungkin merupakan alasan penyebab performa perangkat melambat yang perlu Anda ketahui:

 Menggunakan Aplikasi Tidak Resmi

Anda selalu diimbau untuk hanya mengunduh aplikasi dari Play Store pada perangkat Android ataupun App Store pada perangkat iOS. Sebab mengunduh aplikasi bukan dari toko aplikasi resmi masing-masing platform tidak menjamin validitas aplikasi, sehingga keamanan perangkat menjadi berisiko.

Risiko keamanan ini terkait dengan potensi aplikasi mengandung malware, yang mengharuskan perangkat bekerja lebih keras untuk mengakses aplikasi. Serta ukuran aplikasi tidak berasal dari toko aplikasi ini yang juga berpeluang tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat, sehingga turut berdampak pada perlambatan performa smartphone.

 Membuka Banyak Aplikasi Bersamaan

Setiap ponsel memiliki memori sekaligus RAM yang terbatas, karenanya Anda tidak disarankan untuk mengakses aplikasi berat secara bersamaan, seperti mengakses dan memainkan beberapa game sekaligus.

Tindakan ini akan mengakibatkan RAM pada smartphone yang berfungsi untuk membaca aplikasi tidak kuat. Karenaya, Anda diimbau untuk tetap berhati-hati dalam menjalankan aplikasi sesuai dengan kapasitas RAM pendukung ponsel.

 Pemakaian Widget yang Berlebihan

Penggunaan tema unik dengan dukungan gambar animasi bergerak pada tampilannya juga menjadi salah satu alasan lain yang menyebabkan perlambatan performa perangkat. Perlambatan ini juga dapat disebabkan oleh penggunaan widget berlebihan pada ponsel.

Sebab, widget memberikan pengaruh besar dalam tugas yang dibebankan kepada kapasitas RAM sehingga berpeluang menyebabkan performa perangkat melambat.

Memori Internal dan Eksternal yang Penuh

Alasan yang paling sering menjadi penyebab perlambatan performa ponsel adalah ruang penyimpanan smartphone, baik internal maupun eksternal terlalu penuh. Setiap smartphone memang memiliki ruang penyimpanan dengan kapasitas berbeda, namun Anda tetap perlu memperhatikan hal ini saat menggunakan perangkat.

Baterai yang Mulai Melemah

Kualitas baterai pada ponsel juga menjadi alasan terbesar perlambatan performa smartphone. Penurunan kualitas tersebut dapat disebabkan karena cara pengisian daya baterai tidak tepat atau memang daya penyimpanan yang telah berkurang.

Penyimpanan Cache yang Berlebihan

Setiap aplikasi juga memiliki cache yang berpotensi tersimpan setiap kali diakses, dan akan mengonsumsi ruang penyimpanan pada perangkat. Karenanya, Anda juga harus secara berkala memeriksa cache pada smartphone.

Jumlah cacahe yang terlalu banyak juga akan membuat performa perangkat menjadi lambat, sebab umumnya cache akan menumpuk pada ruang penyimpanan internal sehingga perlu diperiksa secara rutin, dan menghapus cache setiap akhir pekan dapat menjadi solusi untuk masalah ini. (mta)

Sumber: medcom.id

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: