Bakal Lintasi Magelang, Ini Rincian 6 Seksi Jalan Tol Jogja-Bawen

BNews—JOGJAKARTA— Pembangunan jalan tol Jogjakarta-Bawen hingga saat ini masih terus dikebut oleh tim pelaksana Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Kementerian PUPR.Rencananya, konstruksi fisik jalan tol tersebut akan membentang sejauh 75.82 kilometer melintasi wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan DI Jogjakarta (DIJ).

Lebih rincinya, ada 67.05 kilometer dari jalan tol ini yang nantinya melintasi sejumlah wilayah di Jateng. Sementara itu, sepanjang 8.77 kilometer konstruksi fisik jalan tol Jogja-Bawen akan melewati beberapa wilayah di DIJ.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja-Bawen (JJB), Mirza Nurul Handayani menjelaskan, pembangunan jalan tol ini nantinya dibagi menjadi beberapa seksi. ”Nantinya ada enam seksi dalam pembangunan jalan tol Jogja-Bawen,” jelas Mirza.

Pembagian tersebut dimulai dari Seksi 1 Jogja-Banyurejo yang membentang sejauh 8,25 kilometer. Kemudian Seksi 2 Banyurejo-Borobudur sepanjang 15,26 kilometer, Seksi 3 Borobudur-Magelang sepanjang 8.08 kilometer.

Berikutnya Seksi 4 Magelang-Temanggung dengan bentang 16,46 kilometer dan Seksi 5 Temanggung-Ambarawa sepanjang 22,56 kilometer. Serta Seksi 6 Ambarawa-Bawen sejauh 5,21 kilometer.

Mirza melanjutkan, jalan tol Jogja Bawen juga akan memiliki lima simpang susun (SS) dan satu junction. Satu junction yang dibangung di Bawen nantinya terkoneksi dengan jalan tol Semarang-Solo, SS Ambarawa, SS Temanggung, SS Magelang, SS Borobudur hingga SS Banyurejo. SS Banyurejo disambungkan ke Junction Sleman, DIJ, yang nantinya terkoneksi dengan jalan tol Jogja-Solo.

Sekadar informasi, pembangunan jalan tol Jogja-Bawen dikerjakan oleh Kementerian PUPR bekerja sama dengan lima BUMN; yakni PT JJB, PT Adhi Karya, PT Waskita Karya, PT PP dan PT Brantas Abipraya.Adapun pembangunan jalan tol Jogja-Bawen Seksi 1 diprediksi selesai pada 2023 mendatang. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: