Batuk Tak Kunjung Sembuh, Begini Cara Mengatasinya

BNews—KESEHATAN— Batuk yang tak kunjung sembuh, hingga lebih dari sebulan tentu bisa mengganggu. Sebab, kondisi ini membuat pengidapnya kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Tidak hanya itu, batuk lebih dari sebulan juga akan memengaruhi kondisi tubuh. Pada beberapa kasus, kondisi ini juga bisa menjadi tanda penyakit berbahaya. Maka dari itu, batuk lebih dari sebulan sebaiknya tidak disepelekan begitu saja.

Penting untuk mengetahui apa penyebab dari kondisi ini. Dengan begitu, pengobatan untuk batuk yang tidak kunjung sembuh bisa diberikan dengan tepat.

Hal tersebut tentu akan membuat proses penyembuhan batuk menjadi lebih cepat. Lantas, apa saja penyebab batuk berkepanjangan dan bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi Batuk Lebih dari Sebulan yang Mengganggu

Batuk yang terjadi dalam jangka waktu lama, misalnya lebih dari sebulan dikategorikan sebagai batuk kronis. Kondisi ini bukanlah sebuah penyakit, tetapi bisa menjadi gejala dari gangguan kesehatan tertentu.

Maka dari itu, salah satu hal yang penting diketahui adalah penyebab terjadinya batuk. Dengan begitu, pengobatan yang tepat bisa diberikan untuk meredakan gejala.

Jika mengalami batuk kronis dan disertai dengan gejala penyakit lain, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Penanganan medis mungkin dibutuhkan untuk mengatasi batuk lebih dari sebulan yang disebabkan oleh penyakit.

Selain dengan mengonsumsi obat sesuai dengan penyebab batuk, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala ini. Jika mengalami batuk lebih dari sebulan, cobalah untuk menerapkan hal-hal ini di rumah:

  1. Banyak mengonsumsi cairan, paling disarankan untuk mengonsumsi air putih atau teh hangat. Cairan hangat yang masuk ke dalam tubuh bisa membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di tenggorokan serta meredakan gejala batuk.
  2. Hindari konsumsi makanan tertentu yang bisa menambah rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Bagi pengidap penyakit asam lambung, hindari makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung, seperti makanan pedas dan berminyak.
  3. Jangan merokok dan hindari mengisap asap rokok. Hal ini bisa menyebabkan asap mengendap di paru-paru dan memicu penyakit.
  4. Menjaga kelembapan udara agar pernapasan lebih lancar. Mandi air hangat juga bisa membantu meredakan gejala batuk.
  5. Terapi neti pot, yaitu terapi irigasi hidung dengan larutan garam. Cara ini dilakukan untuk mengeluarkan lendir dan membersihkan hidung.

Penyakit yang Bisa Memicu Batuk

Seperti dikatakan sebelumnya, batuk lebih dari sebulan bisa menjadi tanda dari penyakit tertentu. Maka dari itu, pemeriksaan medis perlu segera dilakukan jika mengalami gejala batuk yang tak kunjung sembuh.

Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab gejala ini muncul, seperti terpapar polusi udara, mengidap asma, infeksi, penyakit asam lambung, serta efek samping konsumsi obat tertentu.

Gejala batuk terus-menerus juga bisa menjadi tanda penyakit asam lambung, bronkitis kronis, kanker paru-paru, hingga gagal jantung. Maka dari itu, jangan anggap sepele gejala yang satu ini.

Apalagi jika batuk terus menerus disertai dengan gejala penyakit lain, seperti sesak napas, mengi, suara serak, sakit tenggorokan, hidung tersumbat dan berair, sakit kepala, nyeri dada, batuk berdarah, demam, hingga kehilangan kesadaran atau pingsan. (*)

Sumber: halodoc.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: