Begini Aktifitas Komunitas Kota Toea Magaleng Explore Tempat Bersejarah

BNews—PAKIS— Komunitas Kota Toea Magelang gelar kegiatan Djelajah Perkebunan #2.  Mereka mengambil sasaran jelajah di perkebunan Kopi di Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang (28/7).

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 60 orang tersebut, mengambil rute ke Candi Retno Secang, sebuah komplek candi dengan badan candi berbahan batu bata. Kemudian dilanjutkan ke Pasar Sanggrahan Tegalrejo, beraneka barang dijual dipasar tersebut, termasuk terdapat pasar hewan.

Usai kunjungan ke Pasar Sanggrahan dilanjut ke perkebunan kopi Pakis. “Sebelumnya dulu pernah diadakan Djelajah Perkebunan #1 Kopi di Ngrancah Grabag , dan kali ini pada Djelajah Perkebunan #2 mengambil lokasi di Dusun Jerukan, Desa Jabewangi Pakis, yang merupakan kebon Kopi pengelolaannya dilakukan oleh warga setempat,” ucap Koordinator Komunitas Kota Toea Magelang, Bagus Priyana.

Sementara salah satu anggota Kelompok Tani Mekarsari pengelola Kopi Arabika Merbabu, Muhammad Amin, mengatakan bahwa keunikan kopi yang ditanam dilahan tersebut adalah beraroma sayuran. “Dikarenakan sekeliling kebun kopi adalah kebun sayuran dan Tembakau maka kopi yang ditanam juga beraroma sayuran,” katanya.

Tiap hari petani mengumpulkan buah Kopi sekitar dua hingga tiga kwintal ke kelompok tani. “Kebun Kopi seluas dua hektar tersebut mulai ditanami Kopi sejak tahun 2013, kendati termasuk komoditas baru, namun mampu membawa pengaruh terhadap kesejahteraan petani,” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa awalnya dulu harga Rp 20 ribu/kg diolah petani sendiri, sekarang harga sudah naik menjadi Rp 80 ribu/kg, sehingga mempengaruhi kesejahteraan petani.”Kami juga mendapat bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Magelang, dengan anggaran APBN pusat,” imbuh Amin.

“Kelompok kami juga mengolah hingga kopi bubuk dengan area pemasaran Jogja, Jateng dan luar negeri,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: