BMKG: Hujan Lebat Diperkirakan Akan Tejradi Tiga Hari Kedepan, Termasuk Magelang

BNews–JATENG– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang memprakirakan adanya potensi cuaca ekstrim dan hujan dengan intensitas lebat. Tidak hanya itu, kejadian itu dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di beberapa wilayah Jawa Tengah dalam periode tiga hari kedepan (23-25/1/2021).

Iis Harmoko Widya, selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Semarang mengatakan bahwa prakiraan ini didasarkan kepada Analisis kondisi dinamika atmosfer. Dan hal ini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di selatan Indonesia yang memicu terbentuknya belokan angin dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah.

“Kondisi tersebut didukung dengan massa udara yang labil serta kelembaban udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas sehingga mendukung proses pembentukan awan hujan di Jawa Tengah,” katanya (22/1/2021)

Iis menghimbau agar masyarakat waspada dan hati-hati dengan potensi cuaca ekstrem ini.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan hati-hati terkait adanya potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung; hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es; dan lain lain serta dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” pungkasnya

Adapun pemetaan wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrim beserta tanggalnya antara lain; pada tanggal 23 Januari melingkupi Cilacap, Kebumen, Banyumas, Brebes, Wonosobo, Temanggung; Kab/Kota Magelang, Banjarnegara, Boyolali, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Klaten, Surakarta, Sragen, Karanganyar, Wonogiri dan sekitarnya.

Lalu tanggal 24 Januari antara lain Wonosobo, Temanggung, Kabupaten dan Kota Magelang, Banjarnegara, Boyolali; Kabupaten dan Kota Semarang, Salatiga, Batang, Kendal, Klaten, Sragen; Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo, Surakarta, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Pekalongan dan sekitarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Lalu pada tanggal 25 Januari antara lain Brebes, Temanggung, Kabupaten dan Kota Magelang, Salatiga; Kabupaten Kota Semarang, Salatiga, Wonosobo dan sekitarnya.

Informasi kondisi dan peringatan cuaca terkini BMKG Ahmad Yani Semarang dapat diakses melalui Twitter @cuacajateng; IG @cuaca_jateng, Facebook Stasiun meteorologi ahmad yani semarang serta Aplikasi iOS dan android “Info BMKG”. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: