Catat, Ini Detail Pembangunan Jalur Kereta Api via Magelang

INDONESIA MAJU : Jalur Kereta Api Semarang-Jogjakarta via Magelang akan dihidupkan kembali untuk membangkitkan sejumlah sektor. (foto : Internet)

BNews—MAGELANG— Kementrian Perhubungan merencanakan pembangunan Jalur Kereta Api Semarang Jogjakarta. Pembangunan ini akan melintasi wilayah Magelang dan diperkirakan akan dilaksanakan pada 2023 mendatang.

 

Hal itu dibenarkan oleh Kabid Jaringan Transportasi dan Perkeretaapian DInas Perhubungan Jawa Tengah Henggar Budi H. Menurutnya, rencana ini sudah dibahas secara matang.  Jalur ini diperkirakan sejauh 121 km.

 

Budi mentuurkan, dari panjang 121 KM itu, terdiri dari terdiri dari 102 km di wilayah Jawa Tengah dan 13 km meter di wilayah Yogyakarta. Dari total 121 km, sepanjang 78 km menggunakan konstruksi baru dan sepanjang 42 km adalah jalur eksisting.

 

Jalur terpanjang ada di Kabupaten Semarang mencapai 47 km, sedangkan jalur terpendek di Kota Magelang sepanjang 1,1 km.

 

 

Dia menuturkan selain sector transportasi, pembangunan Jalur Kereta Api ini juga untuk menumbuhkan sektor perindustrian dan sektor pariwisata.

 

Sehingga, di sepanjang jalur kereta api ini akan dibangun sejumlah sarana pendukung. Terkait kebutuhan industry dan transportasi.

 

“Di setiap stasiun di jalur itu nanti multi fungsi. Di Magelang, ada beberapa stasiun, mulai dari Secang ada drypot (daerah industri), Peti Kemas. Ada KA Barang, KA orang,” ujar Henggar.

 

“Di Muntilan, ada KA depot pasir. Saat ini truk pasir berjalan memenuhi jalanan Semarang-Yogyakarta, nanti akan diganti dengan KA,” ujarnya.

 

Selain itu, pemerintah nantinya juga akan mengintegrasikan pembangunan KA ini dengan akses menuju kawasan candi Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).


 

Di Palbapang, katanya, akan disambungkan dengan light rail transit (LRT) menuju kawasan wisata Candi Borobudur. “Di Palbaplang (Magelang) nantinya menggunakan KA ringan atau LRT untuk menuju Borobudur,” tambahnya. (bn1)

error: Content is protected !!