Daftar Tokoh Nasional asal Magelang : Perdana Menteri Hingga Musisi Legendaris

BNews—MUNGKID— Kabupaten Magelang telah mencetak orang orang hebat yang menjadi tokoh nasional. Beberapa diantaranya masih hidup namun tak sedikit yang sudah meninggal dunia.

Borobudurnews, mencoba merangkum tokoh-tokoh yang lahir di Kabupaten Magelang dan bisa sukses di berbagai bidangnya. Berikut daftarnya :

Ali Sastroamidjojo

Dia adalah seorang perdana Menteri Indonesia ke 5 dan ke 7. Saat itu, Indonesia masih menganut system Demokrasi Parlemnter. Ali dilahirkan di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang pada 21 Mei 1903.

Timbul Suhadri

Dia adalah salah satu seniman yang cukup sukses di era 1990an. Timbul melejit Namanya setelah tergabung di Srimulat. Dia  terlahir dari keluarga seniman tradisional. Orangtuanya (Djumadi dan Suhardi), dulu, pimpinan ketoprak wayang orang “Margo Utomo.

Aminah Cendrakasih

Loading...

Nama yang satu ini mungkin masih asing ditelinga. Dia lebih dikenal sebagai Mak Nyak. Nama panggilan ibu dari Si Doel Anak Sekolahan. Siapa sangka Mak Nyak ternyata lahir dan menempuh masa kecil di Magelang.

Katon Bagaskara

Salah satu pentolan grup music Kla Project ini lahir dan kecil di Magelang. Sebelum akhirnya dia berpindah ke Jogjakarta dan besar di sana. Darah kelahiran Magelang mengalir ditubuhnya.

Katon terlahir dengan nama Ignatius Bagaskoro Katon. Sejak kecil, Katon telah menunjukkan bakat seni dan sangat menyukai puisi. Dukungan sang ibulah yang terus mendorongnya untuk mengembangkan bakatnya tersebut. Lagu pertama diciptakan Katon saat masih kelas IV SD.

Kini dia menjelma sebagai salah satu musisi legendaris di Indonesia.

Kurniawan Dwi Yulianto

Siaapa tak kenal pemain satu ini. Si Kurus panggilannya. Striker Timnas Indonesia di era 90an ini merupakan pria kelahiran Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Dia salah satu satu pemain sepak bola Nasional yang pernah berkarier sampai ke Itali dan Swiss. Dilahirkan pada 13 Juli 1976 di Kalinegoro Mertoyudan. Kini dia menjadi asisten pelatih Timnas yang berkompetisi di Sea Games 2019. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: