IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Didemo, Sirkus Lumba-Lumba Jalan Terus Karena Punya Ijin Akmil dan BKSDA

BNews—MAGELANG— Sejumlah aktifis pecinta binatang menggelar aksi unjuk rasa di Kawasan pertunjukan Sirkus Lumba-lumba di komplek New Kebon Tebu Kota Magelang, akhir pekan lalu. Meski mendapat penolakan, para pengelola menyatakan atraksi bakal jalan terus.

Marketing Sirkus Lumba-lumba Krisna mengatakan pihaknya membantah semua tudingan tindakan sewenang-wenang terhadap lumba-lumba. Menurutnya, perlakuan kepada lumba-lumba sudah sesuai aturan.

“Pertunjukan sirkus lumba-lumba ini digelar untuk mengedukasi masyarakat. Kami hanya ingin memperkenalkan satwa langka ini kepada masyarakat, sehingga mereka tidak perlu melihat satwa ini sampai ke laut. Silahkan dicek dan disaksikan sendiri,” kata dia.

Dia juga menolak dinyatakan  melakukan eksploitasi. Juga terkait air yang keruh, kata dia, karena masih dalam proses penjernihan.

“Kami juga telah mengantongi izin untuk pertunjukkan tersebut, baik izin keramaian, izin penggunaan lahan dari Akademi Militer, dan izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA),” kata dia.

Sebelumnya, kelompok aktivis pecinta hewan, Animal Friends Jogja (AFJ) menggelar demo unjuk rasa di dekat Kawasan pertunjukan kemarin, Sabtu (3/8). Mereka menggelar aksi unjuk rasa di depan sirkus untuk menolak keberadaan sirkus yang dinilai sebagai bentuk eksploitasi terhadap satwa.

“Kami menentang adanya sirkus lumba-lumba ini karena ini adalah eksploitasi satwa. Pertunjukkan sirkus lumba-lumba ini adalah bentuk kekejaman terhadap satwa, dan ini harus dihentikan,” ujar Angelina Pane, Program Manager Animal Friends Jogja.

Loading...

 “Sirkus lumba-lumba seperti ini sebenarnya sudah dihentikan di seluruh dunia, tetapi di Indonesia, sirkus seperti ini masih saja dibiarkan terjadi,” katanya. 

Pelarangan tersebut sudah tercantum pada Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.53/Menhut-II/2006 tentang lembaga konservasi. Namun, para operator malah nekat menggelar bisnis ekspolitasi seperti ini. (bn1/wan) 

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: