Dinkes Kabupaten Magelang, Beri Doorprize Bagi Warga yang Mau Tes Swab Di Gerai

BNews–MAGELANG– Terobosan menarik dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang untuk menarik  antusias masyarakat untuk lakukan tes swab antigen. Mereka memberikan doorprize kepada masyarakat yang mau swab di gerai yang dibuka Dinkes di tempat publik.

Salah satunya saat gerai tes swab antigen dilakukan di Lapan Drd.Soepardi Sawitan Kota Mungkid kemarin (11/2/2022). Dinkes menyediakn 25 doorprize bagi masyarakat.

“Isinya ya peralatan rumah tangga, ada yang mug juga. Kita sediakn 25 buah meski target swab untuk 100 orang. Dan semoga ini bisa berlanjut,” ungkap Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Magelang Oktora Kunto saat diwawancarai awak media.

Ia menyebutkan, gerai tersebut untuk melakukan tes swab antigen secara acak. Tujuannya untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19. Khususnya, untuk mencegah dan mengandalikan varian Omicron.

“Kita harus berhati-hati. Karena penularannya semakin cepat,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa untuk tes swab ini tidak perlu menunggu memiliki gejala atau sakit. Orang sehat juga perlu tes.

Sebab, lanjutnya gejala varian Omicron banyak yang tanpa gejala hingga gejala ringan. Pihaknya pun berupaya melakukan tes acak secara rutin tiap pekan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Nanti lokasinya bisa berpindah-pindah. Terutama di tempat di mana banyak orang beraktivitas,” ujarnya.

Kunto juga menyampaikan bahwa tes swab antigen dipilih daripada tes PCR karena saat ini banyak antrean di laboratorium. “Untuk mengurangi beban lab pemeriksa, juga biar bisa segera diketahui hasilnya,” ungkap Kunto.

Hingga pukul 09.42, ada 31 warga yang berpartisipasi. Salah satunya Siti Chozamah, warga Sawitan 2, Kota Mungkid, yang tengah berolahraga di Lapangan drh. Soepardi.

“Bagus ini untuk merangsang warga agar sadar dan tidak takut swab,” ujar Siti. “Ternyata nggak sakit dan kita jadi tahu hasilnya jadi lebih mantep,” imbuhnya.

Siti pun berharap tes acak sepeti bisa dilakukan rutin. Terutama di tempat-tempat umum.

“Ya semoga lebih banyak masyarakat yang terjaring tes. Dan meningkatkan kembali protokol kesehatan,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!