Disdukcapil Kota Magelang Jemput Bola Rekam E-KTP, ini Jadwalnya

BNews–KOTA MAGELANG– Masa Pandemi Covid-19, Disdukcapil Kota Magelang membuat program terbaru untuk tingkatkan pelayanan. Program tersebut yakni Disdukcapil Menyapa Masyarakat (DMM).

Program tersebut yakni layanan perekaman data masyarakat untuk KTP elektronik (e-KTP) dengan cara “jemput bola”. Mereka mulai melakukannya di tiga lokasi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Magelang Larsita mengatakan, program DMM berlangsung selama 21-28 September 2020. Untuk lokasinya di Aula Kelurahan Cacaban pada Selasa (22/9), Aula Kelurahan Tidar Selatan, Kamis (24/9), dan Aula Kelurahan Kramat Selatan, Senin (28/9).

“Warga bisa mendatangi tempat dibukanya perekaman tersebut mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Dia menjelaskan program itu untuk penduduk yang wajib memiliki KTP, yakni usia 17 tahun ke atas,” katanya (23/9/2020).

Melalui program tersebut, kata dia, masyarakat juga bisa mendapat pelayanan konsultasi tentang permasalahan administrasi kependudukan.

Ia menjelaskan bahwa program itu juga untuk menyukseskan Pilkada 2020, yang mana persyaratan pemilih untuk menggunakan hak pilihnya adalah menggunakan KTP elektronik.

“Program DMM ini juga untuk mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (#GISA),” imbuhnya.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menurutnya, dukungan terhadap Gerakan #GISA itu, yakni melalui upaya pemenuhan kepemilikan dokumen-dokumen adminduk bagi masyarakat; antara lain KTP elektronik, akta kelahiran, dan kartu keluarga.

“Dalam pelaksanaan program DMM ini kami menerapkan protokol kesehatan. Warga yang hendak masuk ke dalam ruangan harus memakai masker, mencuci tangan memakai sabun dulu, dan menjaga jarak. Petugas kami pun memakai masker, face shield, dan alat pelindung diri,” paparnya.

Melalui program itu, pihaknya menargetkan perekaman 1.000 data warga untuk KTP elektronik.

Ia mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan program akan dilanjutkan mengingat masih cukup banyak warga setempat yang belum melakukan perekaman. Data penduduk Kota Magelang yang sudah ber-KTP mencapai 95.969 jiwa, sedangkan yang belum melakukan perekaman 1.273 jiwa.

“Kami dorong warga yang belum melakukan perekaman untuk memanfaatkan program ini. Apalagi, saat momen pilkada ini KTP elektronik penting untuk dapat menggunakan hak pilihnya nanti,” pungkasnya. (*/her)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: