DUH.. Capaian Vaksinasi Covid-19 di Magelang Rendah

BNews—MAGELANG— Capaian vaksinasi di Kabupaten Magelang dilaporkan masih rendah. Salah satu pemicunya karena pasokan vaksin yang masih terbatas.

Saat ini, jumlah warga yang mendapatkan vaksinasi untuk suntikan dosis pertama lebih kurang 109 ribu orang dan dosis kedua mencapai 77 ribu orang. Padahal, untuk meraih target kekebalan kelompok, 1.029.000 orang harus tervaksinasi.

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, vaksin diterima bertahap setiap minggu. Namun, jumlahnya belum ideal dengan kebutuhan yang ada.

Sejauh ini, baru vaksinasi bagi aparat pelayan publik yang mencapai 48,21 persen di dosis pertama dan dosis kedua sebanyak 38,84 persen. Sementara bagi warga lansia, suntikan dosis pertama baru diberikan 37,22 persen dan dosis kedua 26,93 persen.

”Pemerintah Kabupaten Magelang juga sudah melakukan vaksinasi untuk usia 12 tahun ke atas. Namun, capaiannya sangat sedikit, 0,44 persen untuk suntikan pertama dan 0,04 persen bagi suntikan kedua,” kata Nanda, Sabtu (7/8).

Nanda mengungkapkan, Pemkab Magelang menerima 900 dosis vaksin Sinopharm. Vaksin ini akan segera didistribusikan untuk warga difabel melalui puskesmas.

Ia menyampaikan, pihaknya akan kedatangan vaksin Moderna. Vaksin ini akan diberikan sebagai vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan.

”Total jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Magelang lebih kurang 1.300 orang,” ucapnya.

Sementara itu, Walikota Magelang M Nur Aziz juga mengatakan, capaian vaksinasi baru mencapai sekitar 65 persen. Percepatan vaksinasi sulit dilakukan karena kendala keterbatasan vaksin yang diterima.

”Oleh karena itu, Kami sangat menghargai vaksinasi yang dilakukan beragam pihak, termasuk TNI dan Polri,” terangnya. (ifa/han)

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: