Embus Es Muncul Kembali di Kawasan Dieng, Suhunya Minus 3 Derajat

BNews—DIENG—Suhu udara di dataran tinggi Dieng pada hari ini (25/7/2020) minus 3 derajat celsius. Kondisi tersebut membuat embun es disekitar komplek Candi Arjuna.

Menurut salah seorang warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Hasta Priyandono, embun es hari ini lebih tebal dibanding hari kemarin (Jumat, 24/7/2020). ”Yang terdampak juga lebih luas dibanding kemarin. Hanya masih di sekitar kompleks Candi Arjuna,” kata dia, Sabtu (25/7/2020) seperti dikutip dari Detik.

Dia menjelaskan, sempat mengukur suhu di kompleks Candi Arjuna Dieng menggunakan thermometer dan hasilnya minus 3 derajat celsius. Sementara saat diukur menggunakan thermogun hingga minus 7 derajat celsius.

”Kalau kemarin tercatat 0 derajat, sekarang minus 3 derajat. Tetapi tadi ada yang mencoba mengukur dengan thermogun malah sampai minus 7 derajat celsius,” jelasnya.

 Sebelumnya fenomena embun es, kata Hasta, juga terjadi di komplek Candi Arjuna Dieng. Namun lebih tipis dan hanya di titik tertentu sedangkan hari ini, lebih luas di komplek Candi Arjuna.

”Kalau yang sekarang lebih luas dan tebal. Di sekitar candi, komplek lapangan tetapi tidak sampai ke lahan kentang milik warga,” imbuhnya.

Sebagai informasi, pada Jumat (24/7/2020) suhu udara di dataran tinggi Dieng kembali turun hingga 0 derajat Celsius. Kondisi tersebut membuat embun di sekitar komplek Candi Arjuna membeku.

Loading...

”Saya cek tadi pagi, suhu udara 0 derajat. Dan embun di sekitar komplek candi Arjuna membeku menjadi es,” tuturnya, Jumat (24/7/2020). (*/mta)

Kaos Deglang
3 Comments
  1. Diamond says

    nyesss….agendain kesana nee…

  2. Dewi says

    terkenang waktu itu sama mas hanif DP

  3. mahessa says

    MasyaAllah…moga lekas terkondisi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: