Fakta-fakta Unik Tentang Bahasa Jawa, Nomor 3 Bikin Tercengang

BNews—MAGELANG— Bahasa Jawa merupakan salah satu bentuk keberagaman bahasa yang ada di Indonesia. Pada umumnya, bahasa ini digunakan oleh penduduk suku Jawa di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Meskipun sama-sama bahasa Jawa, namun dialek di beberapa daerah cukup berbeda. Nah berikut ini, lima fakta unik Bahasa Jawa yang dilansir dari akun Instagram @kemdikbud,ri pada Senin (27/9/2021).

  1. Menjadi salah satu bahasa terjemahan dalam Google Translate

Bahasa Jawa menjadi salah satu pilihan bahasa terjemahan di Google Translate. Hal itu karena sudah menjadi tren di mesin pencarian Google

2. Memiliki penutur di luar negeri

Selain di Indonesia, bahasa Jawa juga memiliki penutur di beberapa negara, seperti Suriname, Kaledonia Baru, Malaysia, Singapura, Belanda, dan Venezuela.

3. Merupakan bahasa daerah dengan jumlah penutur terbanyak di Indonesia

Jumlah penutur bahasa Jawa di Indonesia tercatat sebanyak 75,5 juta orang pada 2019. Angka tersebut dari www.ethnologue.com.

4. Memiliki tingkat tutur sebagai bentuk penghormatan

Bahasa Jawa memiliki empat tingkat tutur, yaitu ngoko (kasar), madya (biasa), kromo (halus), dan kromo inggil (halus sekali). Makin halus tingkat tutur komunikator, makin tinggi pula status atau tingkat penghormatan komunikannya.

Status dapat ditentukan oleh usia, posisi sosial, jarak kekerabatan, dan keakraban.

5. Menjadi salah satu aksara yang terindah dunia Lima aksara terindah di dunia

Lima aksara terindah di dunia adalah adalah Burmese (Myanmar), Sinhala (Sri Lanka), Georgian (Georgia), Tagalog (Filipina), dan Hanacaraka (Indonesia).

Itulah fakta unik Bahasa Jawa yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: