Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran, 4 Desa Di Dukun Magelang Hujan Abu

BNews-MAGELANg– Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran (APG) Senin sore kemarin (4/12/2023). Akibatnya terjadinya hujan abu di Kabupaten Magelang.

Hujan abu tersebut dilaporkan terjadi di empat desa yang berada di Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono, menjelaskan bahwa setelah terjadi awan panas guguran Gunung Merapi; pada pukul 17.13 WIB, hujan abu terjadi di 4 Desa di wilayah Kecamatan Dukun.

“Ini adalah sebaran hujan abu setelah terjadinya awan panas guguran di Gunung Merapi pada hari Senin, tanggal 4 Desember 2023; pukul 17.13 WIB di Kecamatan Dukun, yaitu di Desa Mangunsoko, Sengi, Krinjing, dan Paten,” ujar Edi dalam keterangan tertulisnya (4/12/2023).

Edi menjelaskan bahwa intensitas hujan abu tersebut sangat tipis, sehingga tidak berdampak pada kegiatan masyarakat di daerah tersebut.

Gunung Merapi pada hari ini mengeluarkan awan panas guguran (APG). Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan bahwa tinggi kolom erupsi mencapai 500 meter di atas puncak Gunung Merapi.

“Dilaporkan tinggi kolom erupsi yang terjadi kurang lebih 500 meter di atas puncak, dengan arah condong ke barat daya,” tulis akun resmi BPPTKG pada pukul 17.37 WIB, Senin (4/12/2023).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selanjutnya, dijelaskan bahwa arah angin saat itu bertiup ke utara.

“Arah angin pada saat ini bertiup ke arah utara. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap adanya gangguan akibat abu vulkanik. #merapisiaga,” tambahnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: