Hadir Wisata Gunung Gupak, 7 View Gunung dan Gardu Pandang Melupakan Mantan

BNews–SAWANGAN– Sebuah lokasi wisata baru dengan pemandangan istimewa bakal hadir di Kabupaten Magelang. Dengan menyuguhkan pemandangan alam tujuh gunung dan perbukitan, pengunjung bakal terpukau berada di lokasi tersebut.

Nama tempatnya adalah Gunung Gupak yang berada di Dusun Gondangan Tengah Desa Wulung Gunung Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Banyak wisatawan begitu mengincar wisata alam ini untuk berburu foto yang keren sebagai bahan upload dan koleksi instagram.

Lokasi yang beridir di tanah kas Desa seluas kurang lebih 5 hektar ini disulap menjadi salah satu daya tarik yang menyuguhkan pemandangan alam yang istimewa. Dari puncak ini pengunjung dapat melihat tujuh gunung yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong, Telomoyo, Sindoro, Prau, dan Menoreh. Beberapa bukit juga tampak seperti tidar, bukit turgo Sleman dan lainnya.

Kepala Desa Wulung Gunung, Munawar mengatakan bahwa inisasi lokasi wisata ini guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) kedepannya. “Nantinya lokasi wisata ini dibawah BUMDES dan dikelola oleh Pokdarwisa. Saat ini masih persiapan management SDM dan finishing lokasi,” katanya saat diwawancarai borobudurnews.com (29/9/2020).

Untuk ikon atau simbol di lokosi wisata Gunung Gupak yakni sebuang ornamenBanyak Angkrem (Red: Angsa Mengengkram) yang juga sebagai salah satu spot foto.

Gardu Pandang Melupakan Mantan di Wisata Gunung Gupak Sawangan (Foto: bsn)
Gardu Pandang Melupakan Mantan di Wisata Gunung Gupak Sawangan (Foto: bsn)

“Simbol itu karena memang ada sejarahnya lokasi ini. Dimana Gunung Gupak ini dulunya tempat bermainnya atau kekipunya atau gupak (Red: Angsa Bermain di air keruh). Dimana sebelumnya angsa itu mengengkrami telur di sebuah bukit gili mas yang tidak jauh dari sini, dan turun bermain air di puncak gunung ini sehingga diberi nama gunung gupak,” paparnya.

Selain itu, dilokasi ini banyak spot foto menarik lainnya seperti petik strawbery, saung-saung istirahat, puncak pandang melupakan mantan, area camping ground, outbound dan sarana pendukung lainnya. Namun lokasi wisata ini belum dibuka secara resmi oleh pihak desa untuk wisatawan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Nanti kita menunggu proses perijinan, management dan SDM pengelola termasuk harga tiket dan lainnya. Sekaligus sembari finishing yang selama ini perehapan sudah menelan anggara Dana Desa Rp 990 juta sejak tahun 2018 hingga 2020 ini. Rencana anggara tahun 2021 juga akan ada alokasi ke wisata ini,” paparnya.

Dengan adanya lokasi ini, lanjut Munawar yakni dapat meningkatkan keramaian dan perekonomian warga. “Dibawah wilayah ini juga ada taman doa di Gantang Sawangan, dan sepanjang jalan ini terkenal sepi. Jadi jika ada wisata ini nanti bisa ramai dan warga bisa terdampak juga secara ekonomi,” tandasnya.

Dan nanti juka sudah buka, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi mobil atau sepeda motor untuk mencapai Gunung Gupak. Namun bagi kendaraa roda empat harus hati-hati karena memang jalannya masuk jalan pedesaan jika berpapasan harus mengalah salah satu.

Untuk waktu perjalanan mencapai kurang lebih 1 jam dari Jogja dan 45 menit dari Pusat Kota Magelang. Lokasi ini juga tidak jauh dari Destinasi Wisata Ketep Pass, Wisata Alam Grenden, Top Selfie Pinusan Kragilan dan Petik Strawbery.

Dan lokasi ini cocok untuk wisata keluarga ataupun pasangan, bisa juga komunitas yang mau camping di lokasi ini. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: