HEBOH! Tumijo Temukan Batu Kuno Diduga Fosil Hewan Purba di Kulon Progo

BNews—JOGJAKARTA— Seorang warga Krembangan, Panjatan Kulon Progo, Tumijo, 58, menemukan batu kuno yang diduga merupakan fosil binatang purba. Batuan kuno ini ditemukan di pekarangan rumahnya saat menambang batu.

Batu yang diduga tulang binatang raksasa ini ditemukan di dalam batu. Awalnya ia sedang memecah batu dan secara tidak sengaja menemukan benda batuan yang berserat.

”Ukuran sebesar bola sepak tetapi berat sekali,” katanya.

Batu ini kemudian dicuci dan semakin jelas potongan ruas tulang belakang. Batu ini panjangnya sekitar satu jengkal tangan orang dewasa dengan ketinggian 20 sentimeter.

Sedang beratnya sekitar enam kilogram dan yang satu hanya separuhnya. ”Bentuknya kaya batu kapur tetapi ini agak kecoklatan dan lebih berat,” rincinya.

Pada 2001 silam, orang tuanya juga pernah menemukan batu serupa. Batu ini kemudian dipecah dan ditemukan seperti tulang kaki dan ada kerangnya.

Lantaran tidak tahu batu ini dijual. Kabar adanya penemuan batu kuno ini langsung tersebar.

Banyak warga yang penasaran dan ingin melihat batu kuno ini. untuk sementara batu ini hanya dijadikan pajangan di atas meja rumah Tumijo. 

”Penasaran saja dan tulangnya besar mungkin memang fosil hewan purba,” kata salah satu warga setempat, Hartono. (ifa/han)

Sumber: iNews

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: