Ingin Membuat Konten Menarik di Medsos? Berikut 10 Ide yang Bisa Dicoba

BNews—TEKNOLOGI— Pada zaman modern seperti saat ini, pastinya kita tak asing dengan media sosial (medsos). Sebab medsos berperan penting dalam proses komunikasi bagi masyarakat.

Bahkan medsos juga bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Salah satu caranya dengan membuat suatu konten di media sosial.

Lantas bagaimana caranya membuat konten? Sebelum membuat konten, alangkah lebih baiknya, Anda menentukan dahulu ide yang akan dijadikan konten.

Nah, berikut 10 ide menarik untuk membuat konten di media sosial. Dilansir dari radartegal.com.

Tutorial Membuat Sebuah Karya

Saat ini sebagian masyarakat lebih memilih belajar otodidak memanfaatkan konten di Youtube atau media sosial lainnya. selain praktis juga menghemat pengeluaran secara signifikan. selain itu Anda juga dapat menontonnya kapanpun.

Ada banyak ide membuat konten tutorial misalnya melipat baju, mengikat tali sepatu, menggambar, mendesain, mengedit foto, dan masih banyak lainnya. Pastikan memilih sesuai dengan passion yang bertujuan agar saat mengerjakannya bisa merasakan kenyaman dan tidak ada keterpaksaan.

Update Berita Terbaru

Tingkat penasaran masyarakat memang bisa menjadi peluang para konten kreator untuk membuat pemberitaan terkini. Sayangnya karena mengejar jumlah penonton, tidak jarang beberapa pihak mengabaikan fakta-fakta di baliknya. Hal ini bahkan menyebabkan banyak salahpaham dan kerugian.

Membuat konten mengenai berita terbaru memang menarik antusiasme para user dari berbagai kalangan. Prinsipnya channel paling cepat memberikan informasi maka nantinya akan dijadikan rujukan. Namun pastikan memeriksa kevalidan data-datanya terlebih dahulu dan diperbaharui secara berkala.

Event-event Besar

Ide konten ini cukup direkomendasikan karena terbilang mudah serta tidak terpengaruh dengan tanggal penayangan pertama misalnya saja konser sebuah boyband atau seminar. Khalayak akan tetap menontonnya untuk mendapatkan tujuannya bahkan berkali-kali dalam sehari.

Saat channel Anda banyak dikunjungi penonton, maka pendapatan bisa saja meningkat semakin pesat. Kunci utamanya terletak pada kualitas gambar serta editing. Jika perlu berikan teks sesuai percakapan di video atau apabila berbahasa Inggris maka sematkan subtitle Indonesia.

Pengumuman Penting

Bagi Anda yang memiliki suatu usaha atau bergerak dalam bidang promosi, maka ide konten satu ini sangat cocok. Isinya bisa berupa launching produk atau pembukaan restoran baru yang memberikan diskon besar-besaran. Belakangan diketahui jika hal ini memberikan dampak positif untuk pihak terkait.

Saat membuat kontennya, desain dengan konsep yang membuat audiens penasaran. Dalam hal ini kemampuan mengolah kata dan public speaking sangat dibutuhkan. Hindari terlalu bertele-tele dalam menjelaskan suatu topik karena seringkali membuat penonton mudah bosan.

Giveaway

Dalam sebuah media sosial, giveaway memang selalu ramai like dan dibanjiri komentar. Saat hal ini terjadi maka sistem kemungkinan besar menampilkannya di tranding terkini. Dengan begitu khalayak lebih mudah menemukannya bahkan tertarik untuk menonton guna memenuhi rasa penasarannya.

Selain YouTube, belakangan konten TikTok menjadi pusat perhatian utamanya ketika mengadakan giveaway berbagai produk seperti baju, buku ponsel, skincare, atau lainnya. Hanya saja saat menggunakan ide ini pastikan tidak membuat pemenang merasa kecewa dan akan berpengaruh buruk.

User-Generated Content

Dewasa ini sedang ramai orang membuat konten demikian karena lebih menarik minat para penonton. Namun sangat disayangkan tidak jarang netizen akan memberikan tantangan yang tidak wajar. Saat itulah para konten kreator dihadapkan pilihan antara pendapatan atau keselamatan.

Jika merasa terganggu, tidak ada salahnya untuk mengabaikan tantangan dari penonton dengan cara penolakan yang sopan. Sebab dewasa ini ketika sudah mulai ditinggalkan sehingga membuat banyak orang kehilangan respeknya. Maka, jalin hubungan dengan konten kreator lain utamanya yang sejalan.

Promo Menarik

Sebelum melakukan pembelian sebuah produk, umumnya masyarakat akan mencari tahu harganya terlebih dahulu. dengan adanya hal ini Anda bisa memanfaatkan peluang untuk memberikan informasi terkini mengenai promo-promo menarik berdasarkan tanggal dan produk paling dicari.

Ide konten ini sangat cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis baik dalam bidang pelayanan atau penyediaan sebuah produk. Menariknya melalui karya ini seseorang bisa sekaligus melakukan branding. Hasilnya semakin banyak orang percaya maka peluang melakukan repeat order lebih tinggi.

Live Video

Komunikasi secara dua arah memang sampai saat ini masih menjadi paling diminati oleh khalayak luas.Ide konten selanjutnya yakni melakukan live yang membahas berbagai hal seperti pertandingan sepakbola, bermain game, mengaji, pembelajaran sistem darin, dan memandu olahraga.

Bentuk konten yang dilakukan menggunakan komunikasi dua arah dikatakan memberikan pengaruh lebih baik utamanya perihal pendidikan. Nantinya penonton bisa langsung bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti. Hanya saja hambatannya terletak pada pembatasan respon karena terlalu banyak penonton.

Behind the Scenes

Dalam pembuatan sebuah film atau video pendek umumnya menyimpan cerita menarik dibaliknya. Meskipun bagian tersebut tidak bisa ditampilkan pada tayangan utama, tetapi penonton banyak yang menyukainya. salah satu penyebabnya adalah banyak keseruan dan kelucuan selama proses syuting.

Belakangan muncul konten-konten behind the scene dari banyak judul film dengan berbagai genre. Selain sebagai hiburan ternyata konten tersebut juga memiliki manfaat. Pengaruh paling terlihat seringkali dirasakan oleh pekerja dalam industri hiburan agar mengetahui cara pengambilan gambar.

Review Produk

Sebelum menggunakan sebuah produk, seringkali khalayak akan mencari reviewnya terlebih dahulu apalagi berkaitan dengan makeup dan makanan. Kecocokan menjadi poin paling penting yang perlu diperhatikan agar memberikan dampak positif serta bisa digunakan dalam jangka lama.

Review produk sendiri sering menyita perhatian banyak orang karena informasi yang disajikan dibutuhkan. Agar tidak membosankan usahakan mengemasnya tidak terlalu panjang lebar. Gunakan tata bahasa sesuai dengan target audience serta pilih kata-kata paling mudah dipahami. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: