Jembatan Jokowi di Dukun Magelang Kini Penuh Warna-Warni

BNews–DUKUN– Jembatan gantung Jokowi di lereng merapi sekarang tampil beda dan lebih keren. Tentunya lebih asyik buat berfoto ria dengan latar belakang gunung merapi.

Sebuah jembatan penghubung Desa Sumber dan Mangunsoko Kecamatan Dukun itu memang dikenal nama istilah Jembatan Jokowi nama presiden Indonesia dan diresmikannya 2017 silam. Kini jembatan besi dengan panjang 120 meter diatas sungai senowo tersebut penuh warna-warni karena dilakukan pengecatan.

Sekertaris Desa Sumber, EKo Kalisno mengatakan untuk pengecatan tersebut merupakan progra dari pusat. “ Itu merupakan Program  Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah DIY. Pada  Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Jawa Tengah,” katanya (2/7/2020).

Proses pengecatan sendiri dilakukan oleh warga sekitar yang dipadat karyakan. Tentunya dampak program ini juga terdampak kepada warga sekitar.

“Iya proses pengecatan dipadatkaryakan warga. Dilakukan beberapa hari yang lalu,” imbuhnya.

Saat proses pengecetan tersebut, akses jembatan memang ditutup sementara. Pasalnya yang diberi warna tidak hanya bagian samping namun juga bagian dasar jembatan.

Ia berharapan dengan pengecatan itu, jembatan semakin indah. “Sehingga menjadi daya tarik bagi warga dan pesepeda untuk melewatinya atau berwisata,” harapnya.

“Dan bagi yang melintas jangan lupa jajan di warung sekitar lokasi. Agar pemberdayaan warga tetap berjalan,” tandasnya.

Besi-besi jembatan tersebut diberi warna kuning, hitam dan merah. Membentuk pola kolaborasi yang unik dan menarik untuk dilihat.

ISTIMEWA: Tampak udara jembatan jokowi dan pemandangan indah alam disekitarnya (Foto-- @740aerialvideography)
ISTIMEWA: Tampak udara jembatan jokowi dan pemandangan indah alam disekitarnya (Foto– @740aerialvideography)

Sebelumnya jembatan gantung jokowi hanya berwarna standar yakni abu-abu. Namun saat itu sudah menarik karena view sekitarnya.

Saat itu hingga sekarnag pemandangan berupa air terjun bersusun dengan rerumputan hijau yang nampak seperti matras empuk. View hutan alami dan gagahnya merapi membuat pengunjung betah berada disana.

DOWNLOAD MUSIK-MUSIK KEREN (KLIK DISINI)

Para pengunjung tidak dipungut biaya untuk masuk ke lokasi tersebut. Namun untuk kenyaman bersama para pemuda sekitar membuka lahan parkir untuk menitipkan kendaraan para pengunjung.

Jika kalian hendak pergi kesana sangat mudah aksesnya. Jika dari arah Yogyakarta nanti sesampai di simpang empat Klenteng Muntilan belok kanan lurus hingga ketempu simpang empat sayangan dimana jalur satu arah Magelang-Jogja.

Tampak samping Jembatan Jokowi
Tampak samping Jembatan Jokowi

Sesampainya di simpang empat sayangan tersebut kalian lurus saja arah ke Dukun. Sekitar 5 km kalian akan melwati Pasar Talun Kecamatan Dukun.

Nah sampai pasar talun ini kalian ambil kanan arah ke Sanggar Budaya Tutup Ngisor Desa Sumber. Sesampainya disana kalian akan belok kiri arah ke Jembatan Jokowi.

Jika kalian menggunakan sepeda motor bisa melintas juga diatas jembatan jokowi tersebut. Karena kami rekomendasikan melintas tembus ke Dusun Grogol Desa Mangunsoko.

Sampai diseberang jembatan kalian bisa melanjutkan berwisata ke Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan. Dimana pos pengamatan ini tertinggi posisinya dari pada lainnya dan bisa diakses menggunakan kendaraan hingga lokasi. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: