Kesenian Anak Bakal Menggema di Tlatah Bocah Salaman

BNews—SALAMAN— Bocah Dudu Dolanan tetapi Kudu Dolanan,itulah  tag line resmi Festival Tlatah Bocah sejak pertama kali bergulir. Dan tahun 2019 kembali hadir Festival Tlatah Bocah ke-13.

Festival rutin tahunan ini akan digelar tanggal 24-25 Agustus 2019 dan berlokasi di Dusun Bebengan, Desa Sriwedari, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Sebanyak 40 Pertunjukan akan sajikan.

“Kesenian tersebut antara lain wayang bocah, dalang cilik, ludruk, reog, grasak, kubro, jathilan, berbagai kesenian rakyat, dan juga beberapa aliran musik. Mayoritas pelakunya anak-anak. Komunitas yang terlibat berasal dari Pandeglang, Indramayu, Surabaya, Jombang, Solo, Kendal, Ungaran, Salatiga, Boyolali, Purworejo, Jogja, Magelang, Merapi, Sumbing, Menoreh dan lain-lain,” ungkap Koordinator Tltah Bocah, Gunawan.

Gunawan juga mengungkapkan bahwa semua komunitas yang hadir berangkat dengan sumber dayanya sendiri. Panitia sama sekali tidak memberikan dana pada mereka sepersen pun. “Warga bergotong royong menyediakan konsumsi untuk kelompok seni dan tamu serta membuka pintu rumah lebar-lebar untuk yang ingin beristirahat atau menginap,” ungkapnya.

Tidak hanya pertunjukan kesenia saja, namun kelas-kelas workshop dan lokakarya disajikan di area Festival ini. “10 Bincang-bincang di Bilik Literasi tentang komunitas, seni, perpurstakaan, dan sosmed dengan tokoh-tokoh kawakan, Belasan Lokakarya: sablon cukil, tindes, shibori, origami, daur ulang botol bekas, kerajinan enceng gondok, permainan jadul,  perpus, dll serta akan ada Lapak Komunitas,” paparnya.

“Berharap event yang ke-13 ini mampu memberikan sumbangseh terhadap kesenian dan pariwisata, serta menanamkan kepada anak-anak untuk mencintai seni dan budaya,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: