Ketahui Ini Pentingnya Vaksinasi Untuk Orang Dewasa

BNews–KESEHATAN– Supaya tubuh bisa melawan virus yang menyerang maka harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Cara yang bisa dilakukan agar memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat yaitu melalui vaksinasi.

Vaksinasi sangat penting dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Namun, pengetahuan masyarakat akan pentingnya vaksinasi dewasa masih sangat minim sehingga sangat rentan terserang berbagai penyakit berbahaya. Lalu, seberapa pentingnya vaksinasi untuk orang dewasa?

Pentingnya Vaksinasi untuk Orang Dewasa

Ilustrasi penyutikan vaksin (Halodoc.com)
Ilustrasi penyutikan vaksin (Halodoc.com)
1. Vaksinasi Tidak Lengkap Pada Masa Anak-Anak

Salah satu alasan pentingnya memberi vaksin pada orang dewasa adalah ketika masa anak-anak, vaksinasi yang diberikan dirasa kurang lengkap. Meski vaksinasi yang diberikan saat anak-anak sudah lengkap bukan berarti ketika dewasa tidak perlu melakukannya lagi.  

Menurut Dirga Sakti Rambe, Dokter Spesialis penyakit dalam dan vaksinolog, ada beberapa jenis vaksin yang diberikan memerlukan pengulangan atau tidak cukup hanya diberikan satu kali sepanjang hidup. Pengulangan ini merupakan suatu kelanjutan vaksinasi pada saat masa kecil karena proteksi vaksin sudah habis atau pun perlu ditingkatkan.

Loading...
2. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Dr. Purnamawati Sujud, SpA(K), MMped dari Yayasan Orang Tua Peduli menjelaskan bahwa vaksinasi adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit yang paling cost efektif, yakni efisien dan memberi hasil yang baik.

Seiring bertambahnya umur, tingkat kekebalan tubuh akan semakin menurun. Memperkuat kekebalan tubuh atau waning immunity merupakan alasan yang sangat penting kenapa vaksinasi harus diberikan untuk orang dewasa. Vaksin yang diberikan diharapkan dapat merangsang kembali kerja antibodi yang ada di dalam tubuh. Selain untuk memperkuat sistem imun agar terhindar dari penyakit, pemberian vaksin untuk orang dewasa harus memperhatikan penyakit bawaan atau carrier yang mereka derita.

3. Pekerja Rentan

Pekerja di sektor kesehatan seperti dokter, perawat atau tenaga kesehatan lainnya merupakan kelompok yang sangat rentan tertular penyakit. Hal ini dikarenakan memiliki kontak secara langsung dengan pasien, maka kelompok ini sering terpapar berbagai penyakit. Untuk melindungi atau memproteksi diri tenaga kesehatan ini, maka vaksinasi sangat perlu dilakukan bahkan bersifat wajib.

Selain standar protokol yang ketat, tenaga kesehatan pada masa pandemi Covid-19 ini menjadi prioritas pemberian vaksin. Sistem kekebalan tubuh tenaga kesehatan harus selalu optimal, apalagi setiap hari jumlah pasien yang dirawat semakin banyak.

4. Kondisi Tertentu

Pada kondisi tertentu menyebabkan seseorang harus diberi vaksin atau vaksinasi. Seperti penderita beberapa penyakit kronis tertentu, seperti diabetes, asma dan Jantung merupakan kelompok yang perlu melakukan vaksinasi.

Menurut Dr. Dara Ayunintyas yang menjabat Head of Medical and Training ZAP Clinic menyatakan bahwa sistem kekebalan tubuh kelompok ini tidak sebaik orang normal. Hal inilah yang mendasari pemberian vaksin untuk memperkuat antibodi tubuh mereka.

Selain itu, vaksinasi juga perlu dilakukan pada ibu hamil. Namun, ini tergantung dari kebutuhannya. Vaksinasi yang diberikan bertujuan untuk mencegah terjadinya rubella dan campak pada masa kehamilan. Karena apabila ibu hamil terinfeksi penyakit ini, maka bisa menimbulkan cacat pada janin.

5. Pelancong

Pelancong atau orang dewasa yang suka bepergian sangat disarankan melakukan vaksinasi. Pelancong yang akan berkunjung ke tempat wisata pada daerah endemic penyakit tertentu, wajib memperoleh suntikan vaksin seperti vaksin meningitis dan Japanese Encephalitis (JE). Vaksin meningitis biasanya diberikan kepada jamaah yang akan berangkat ibadah umroh maupun haji. Sedangkan JE diberikan agar terhindar dari penyakit radang otak yang diakibatkan oleh virus melalui gigitan nyamuk.

Pada dasarnya pemberian vaksinasi sangat penting dilakukan pada bayi, anak-anak maupun orang dewasa. Saat ini untuk mencari dokter spesialis vaksinasi dewasa dapat dilakukan dengan mudah melalui Halodoc. Apalagi Halodoc sudah terhadap di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

Tidak terkecuali juga bagi warga Semarang dan sekitarnya dapat mencari dokter spesialis vaksin Semarang melalui Halodoc. Saat ini ada banyak dokter spesialis vaksinasi dewasa sehingga bisa kapan saja bisa melakukan vaksin. Anda juga bisa membuat janji dengan dokter tersebut melalui aplikasi Halodoc. (*)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: