Magelang Raih Penghargaan Kota Berdaya Saing Terbaik Se Jateng

BNews—MERTOYUDAN—Sepuluh daerah di Jawa Tengah menerima penghargaan bergengsi dalam ”International Conference Sustainable Rural Planning and Development”. Juara pertama kategori utama anugerah indeks daya saing daerah tingkat provinsi diraih Kota Magelang.

BNews—MERTOYUDAN—Sepuluh daerah di Jawa Tengah menerima penghargaan bergengsi di sela sela ”International Conference Sustainable Rural Planning and Development”. Juara pertama kategori utama anugerah indeks daya saing daerah tingkat provinsi diraih Kota Magelang.

Penghargaan berupa piala dan piagam dari Gubernur Jawa Tengah diserahkan langsung oleh Dirjen Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati. Disampaikan Dimyati, daerah yang masuk nominasi harus diapresiasi agar mereka terpacu membuat kebijakan hingga melahirkan memunculkan daya saing.

Advertisements


”Daya saing pasti akan menarik perhatian investasi untuk masuk ke daerah itu. Baik pariwisata, ekonomi UMKM hingga penciptaan perizinannya,” paparnya, Selasa (11/12).


Di bawah Kota Magelang, pada kategori utama anugerah indeks daya saing daerah juara II diraih Kota Semarang disusul juara III Kabupaten Wonogiri. Pada kategori ekosistem inovasi daerah diraih Kabupaten Sragen.

Kategori sumber manusia dan ”enabling environment” sekaligus disabet Kabupaten Rembang dan kategori pasar diperoleh Kabupaten Wonogiri. Sementara itu, Kota Pekalongan mendapatkan penghargaan favorit pertama disusul Kota Surakarta dan Kabupaten Pati.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, penilaian indeks daya saing daerah dilakukan selama satu tahun. Beberapa indokator penilaian dipilah berdasar kategori.

”Apakah ekosistem inovasinya, pasarnya atau enabling environment-nya,” ungkap Sujarwanto di ruang Semanggi Balroom Artos Hotel & Convention Magelang.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus mendorong kabupaten/ kota di Jawa Tengah untuk terus berlomba membuat kebijakan yang mampu meningkatkan daya saing. ”Daya saing itu kita hargai dengan apresiasi penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah,” katanya.

Walikota Magelang Sigit Widyonindito mengucapkan terima kasih dan syukur atas penghargaan diraihnya. Jelas Sigit, penghargaan ini merupakan kesekian kali yang diterima Kota Magelang.

”Penilaian objektif. Tahun ini dan kemarin kita dapat (penghargaan). Kita tetap mawas diri tetap meningkatkan,” pungkas Sigit. (han-bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: