Mahasiswa UMM Temukan Khasiat Bunga Pepaya Jantan Untuk Obat Diare

BNews—MUNGKID— Tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UMMagelang berhasil melakukan penelitian manfaat bunga papaya jantan untuk mengobati diare. Temuan itu diakui oleh Dikti dan didukung pengembangannya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti Tahun 2019.

Ketiga mahasiswa itu adalah Prabandaru Esthi Pudyawanti, Dimas Satria Putra Santoso, dan Novi Panggi Yuliana. Mereka dibimbing oleh Fitriana Yuliastuti M.Sc, Apt. “Penelitian yang kita lakukan membuahkan hasil, yaitu membuat Uji Aktivitas dan Formulasi Nano Solutio Bunga Pepaya Jantan (Carica Papaya L) Terhadap Bakteri Escherichia Coli Sebagai Obat Diare,” katanya.

Menurutnya, Bunga Pepaya Jantan secara empiris mempunyai banyak manfaat, akar dan daunnya banyak digunakan sebagai diuretic (antidiabetes), biji dan daunnya digunakan sebagai anthelmintic (obat cacing). Buahnya berguna untuk menyembuhkan penyakit akibat empedu serta dyspepsia (kembung) dan kelainan pencernaan lainnya.

Bunga pepaya jantan diketahui memiliki senyawa flavonoid, tanin, steroid-triterpenoid, dan karbohidrat. “Dengan mengetahui adanya aktivitas antibakteri, bunga papaya jantan (Carica Papaya L) diharapkan dapat mengembangkan potensi pendayagunaan tanaman obat berkhasiat yang ada di Indonesia,” ungkap Prabandaru.

Selain itu, diharapkan dapat menciptakan inovasi baru dalam formulasi sediaan yang dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pemakaian terutama digunakan untuk anak-anak ataupun balita yaitu dengan dibuat sediaan larutan/sirup untuk mengobati diare yang disebabkan oleh bakteri.

Melalui penelitian tersebut, ketiga mahasiswa ini berharap dapat berkontribusi untuk mengembangkan bahan-bahan alami sebagai alternatif pengobatan serta dapat dijadikan acuan penelitian selanjutnya. (bn1/bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: