Masa Kampanye Pemilu Hampir Tiba, Bawaslu Jateng Gelar Apel Siaga di Candi Borobudur

BNews-MAGELANG– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan apel siaga tingkat provinsi jelang kampanye Pemilu 2024. Lokasinya di Marga Utama Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

“Seluruh jajaran kami sampai tingkat TPS siap melaksanakan momen penting dalam tahapan kampanye 2024 ini,” ujar Ketua Bawaslu Provinsi Jateng Muhammad Amin di Borobudur Magelang, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah apel siaga di Borobudur yang dihadiri sekitar 850 orang. Yang terdiri dari Ketua Panwaslu Kecamatan dan Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

Ia juga menyampaikan pesan agar semua menjalankan tugas sesuai dengan wewenangnya.

Dalam apel siaga tersebut, Ia menekankan kepada jajaran panwascam terutama mengenai kesiapan dalam tahapan kampanye. “Lakukan persiapan baik secara mental, kesehatan, maupun fisik,” tegasnya.

Ditanya soal strategi khusus, Amin menyebutkan telah melibatkan para relawan dengan pembentukan desa pengawasan dan desa anti politik uang. Serta kerja sama dengan universitas di seluruh Jateng, organisasi perangkat daerah, dan lain sebagainya.

“Tentu kami juga bekerja sama dengan kaum milenial yang saat ini tergabung dalam alumni sekolah kader pengawas partisipatif; yaitu anak-anak milenial yang kami rekrut untuk berpartisipasi dalam proses pengawasan kampanye nanti,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sebagai upaya, lanjut Amin pihaknya tetap mengedepankan langkah-langkah pencegahan.

“Langkah-langkah yang sudah dilakukan adalah pencegahan, pengawasan, dan penindakan sesuai tugas dan wewenang. Ketiga hal tersebut juga dilaksanakan dalam pengawasan media sosial, di mana kami sudah membentuk gugus tugas dan relawan patroli siber di 35 kabupaten/kota, yang membantu tugas-tugas pengawasan media sosial,” lanjutnya.

Ketua Bawaslu Provinsi Jateng Muhammad Amin saat cek pasukan dalam Apel Siaga di Candi Borobudur_foto Bayu Sapta Nugraha

Amin menjelaskan bahwa menjelang masa kampanye, banyak tugas yang menanti para pengawas pemilu. “Sehingga perlu optimalisasi dalam pencegahan dan identifikasi masalah terhadap isu-isu tahapan kampanye,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa apel siaga pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024 tersebut dilakukan untuk memastikan; kesiapan para pengawas pemilu dari tingkat provinsi hingga tingkat terendah, yaitu pengawas TPS.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memantau kesiapan para petugas pengawas pemilu agar dapat menjalankan tugas sesuai dengan kewenangannya,” tambahnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: