Melintasi Magelang, Pemudik Harus Antisipasi Kemacetan di Pasar Tumpah

BNews-MAGELANG- Masuk H-3 Lebaran tahun 2024, meskipun terjadi peningkatan arus lalu lintas kendaraan di wilayah Magelang, jalanan masih terpantau ramai lancar.

Dalam menghadapi Libur Lebaran tahun 2024, wilayah Magelang perlu mendapat perhatian khusus dari para pemudik, mengingat adanya beberapa titik rawan kemacetan dan kecelakaan.

Dietahui, terdapat beberapa titik rawan kemacetan akibat pasar yang meluap ke jalanan.

Kemacetan biasanya terjadi menjelang Lebaran atau setelah Lebaran. Beberapa titik rawan meliputi Pasar Krasak di jalur Magelang-Purworejo; Pasar Muntilan di jalur Magelang-Yogyakarta, Pasar Tegalrejo di jalur Magelang-Salatiga, serta Pasar Secang dan Pasar Payaman di jalur Magelang-Semarang.

Adapun jalur rawan kecelakaan terdapat di jalan utama Magelang-Yogyakarta, terutama di area dengan banyak u-turn atau titik balik, mulai dari depan Artos Mall Mertoyudan hingga batas wilayah DI Yogyakarta.

Selain itu, area dari perbatasan Temanggung hingga Kota Magelang juga termasuk sebagai jalur rawan kecelakaan, terutama di dekat Pasar Payaman yang menyempitkan jalan sekitar 1 kilometer ke arah selatan.

Kapolres Magelang, Kombes Mustofa, menegaskan bahwa untuk pengamanan mudik, perhatian khusus diberikan terutama di jalur Semarang-Magelang-Yogyakarta. Terdapat juga jalur Magelang-Purworejo, jalur alternatif Magelang-Salatiga, dan Magelang-Boyolali.

KLIK BERITA UPDATE DISINI (KLIK)

“Polresta Magelang telah menempatkan beberapa pos pelayanan di jalur-jalur tersebut,” ujarnya.

Selama pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024, Polresta Magelang menempatkan 8 pos pengamanan (Pospam), termasuk di Secang, Artos, dan Muntilan. Terdapat juga Pos Wisata di Candi Borobudur.

“Kami fokus pada pelayanan pengamanan di jalur mudik dan balik serta jalur wisata ke arah Yogya atau sebaliknya, ke Purworejo dan Wonosobo,” tambah Kapolres Mustofa.

Di Kota Magelang sendiri, terdapat beberapa titik rawan kemacetan, seperti batas kota arah Semarang dan simpang Canguk arah Salatiga. Juga Jalan Ahmad Yani dari lampu lalu lintas Kupatan hingga pertigaan Kebonpolo serta sepanjang jalan kawasan Pecinan.

Kapolresta Magelang Kota, AKBP Herlina, menegaskan komitmen kepolisian dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat; terutama menjaga keamanan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Berbagai langkah strategis telah diterapkan untuk mengurangi risiko kepadatan arus lalu lintas dan memastikan mobilitas; yang lancar bagi pemudik serta warga yang beraktivitas sehari-hari, baik di pasar modern maupun pasar tradisional. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: