Tutup Tahun 2020, Bupati Magelang Lantik 5 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

BNews—MUNGKID— Bupati Magelang Zaenal Arifin menutup tahun 2020 dengan melantik lima pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang. Pelantikan ini diharapkan menjadi momentum untuk menunjukkan tekat yang kuat hingga memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, termasuk upaya pengendalian penyebaran Covid-19.

Pelantikan dilaksanakan secara virtual di Ruang Command Center Setda Kabupaten Magelang dan Rumah Dinas Bupati Magelang. Upacara dikemas sederhana mengingat pandemi covid masih berlangsung.

Zaenal Arifin menuturkan, sebelumnya seleksi dilakukan secara terbuka dan tetap menerapkan prinsip-prinsip merit system sesuai dalam Surat Edaran Menteri PAN RB Nomor 52/2020. Yakni tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah dalam kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat covid-19.

”Ada benang merah yang jelas yang harus kita bersama jadikan perhatian, bahwa pelantikan pada hari ini menjadi momentum bagi kita bersama. Dan saudara yang dilantik untuk menunjukkan tekad yang kuat, bersemangat inovasi, penuh kejujuran, dan berdedikasi tinggi dalam mengabdi. Dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam upaya pengendalian penyebaran covid,” tuturnya dalam sambutan.

Para pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik yakni Sarifudin yang semula menjabat sebagai Kepala Bagian Hukum pada Sekretariat Daerah kini menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Joni Indarto yang semula menjabat sebagai Camat Borobudur kini menjabat sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan).

Slamet Achmad Husein yang semula menjabat sebagai sekretaris pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora). Sugiyono yang semula menjabat sebagai Kepala Bappeda dan Litbangda kini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia. Edi Susanto yang semula menjabat sebagai Kepala Pelaksana BPBD kini menjabat sebagai Kepala Disdukcapil.

Zaenal menekankan agar para pejabat pimpinan tinggi pratama sebagai unsur pimpinan di unit kerja/ OPD dituntut untuk benar-benar bisa menggerakkan dan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Guna mendukung arah kebijakan pembangunan Kabupaten Magelang Tahun 2021 di tengah terpaan pandemi, yang ditujukan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui pemerataan infrastruktur publik dan pemberdayaan ekonomi lokal yang berdaya saing.

Menurut dia, ini adalah tugas yang tidak ringan. Mengingat di tengah-tengah pandemi covid saat ini masih adanya kebijakan refocusing anggaran di Tahun Anggaran 2021 mendatang.

”Oleh karena itu dengan sumber daya anggaran yang terbatas ini, saudara-saudara sekalian yang hari ini saya lantik harus benar-benar bisa mengoptimalkan penggunaan anggaran di bawah kewenangan Saudara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Mengurangi kemiskinan dan pengangguran serta menguatkan kapasitas tata kelola pemerintahan di Kabupaten Magelang,” terangnya.

Ia juga berpesan agar para pejabat yang baru saja dilantik bisa menjadi teladan bagi jajaran di bawahnya dalam menunjukan karya nyata dan kinerja terbaik di tengah Pandemi.

”Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan tunjukkan semangat kegotongroyongan dalam membangun dan mensejahterakan warga masyarakat Kabupaten Magelang,” pinta Zaenal.

”Semoga pelantikan hari ini menjadi bagian dari semangat kita untuk mewujudkan Kabupaten Magelang yang lebih Sejahtera, lebih Berdaya Saing dan lebih Amanah,” tutupnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: