Mengungkap Misteri Sedang Pule Di Ringin Putih Borobudur Magelang

BNews–MAGELANG– Ada sebuah sendang bernama Pule di daerah Ringin Putih Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Lokasi ini merupakan salah salah satu sumber mata air di kawasan tersebut.

Ringin Putih merupakan sebuah padukuhan di lingkungan Desa Wringinputih. Penyebutan Desa Wringinputih sendiri merupakan untuk pembeda padukuhan Ringin Putih dengan Desa Wringinputih.

Ringin Putih menyebut pada padukuhan itu sendiri dan Wringinputih meliputi beberapa dusun yang ada di Desa Wringputih. Padukuhan Ringin Putih sendiri masuk dalam dua dusun. Ringin Putih Kidul masuk dalam Dusun Kanggan RW 13 RT 1,2,3 dan Ringin Putih Lor masuk dalam Dusun Sriyasan RT 3 RW 15.

Penyebutan Ringin Putih Kidul dan Ringin Putih Lor juga karena letaknya di sebelah selatan dari Sendang Pule dan Ringin Putih Lor terletak sebelah utara Sendang Banyu Wilis. Dipecaya masyarakat sekitar bahwa Sendang Pule merupakan pintu gerbang Kerajaan Ringin Putih.

Sedangkan Sendang Banyu Wilis dipercaya berada di dalam Keraton Ringin Putih sendiri. Ringin Putih Lor dan Ringin Putih Kidul dipisahkan oleh hamparan sawah milik warga.

Dan di area sawah tersebut dipercaya masyarakat merupakan letak Kerajaan Ringin Putih. Dinamakan Kerajaan Ringin Putih karena dipercaya di dalam kerajaan terdapat pohon ringin yang berwarna putih. Pohon itu sangat besar dan rimbun dengan dahannya yang menjulur ke utara dan ke selatan. Hanya orang-orang yang diberi kelebihan indera keenam dari Tuhan YME yang dapat melihat kerajaan yang megah itu.

Dalam cerita Kerajaan Ringin Putih ini ada dua Sendang yang dipercaya memiliki kaitan erat dengan kerajaan tersebut. Yang pertama yaitu Sendang Pule dan yang kedua yaitu Sendang Banyu Wilis atau ada juga yang menyebut Sendang Tirta Panguripan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dipecaya masyarakat sekitar bahwa Sendang Pule merupakan pintu gerbang Kerajaan Ringin Putih. Sedangkan Sendang Banyu Wilis dipercaya berada di dalam Keraton Ringin Putih sendiri.

Jika kita berniat sowan ke Kerajaan Ringin Putih hendaknya kita bersuci dulu di Sendang Pule. Bersuci di sini berniat untuk membersihkan diri sebelum kita ritual atau bersuci sebelum kita memasuki area Kerajaan Ringin Putih itu sendiri. Sendang Pule sendiri sampai saat ini masih digunakan oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan air.

Sendang Pule pada masa sekarang masih digunakan untuk mandi, dan mencuci. Bahkan disalurkan sampai rumah-rumah warga sebagai sumber air. Konon katanya, Sendang Pule ini dipercaya sebagai pintu gerbang masuk kerajaan.

Tampak begitu magis dengan adaya pohon beringin yang tampak besar dan rimbun dahannya. Oleh warga Pohon Beringin ini diikat dengan kain putih sebagai penanda bagi warga luar bahwa inilah batas gerbang masuk ke Kerajaan Ringin Putih dengan dunia kita.

Setelah kita bersuci di Sendang Pule kita melanjutkan perjalanan menyusuri pematang sawah. Kita pun disuguhkan dengan pemandagan sawah. Sekilas mata memandang pemandangan ini akan sama dengan daerah lain dengan adanya pematang sawah di tengahnya.

Namun, akan terasa berbeda bagi orang yang memiliki indera keenam. Orang yang bias menembus tempat sacral ini. Kita sudah memasuki Kerajaan yang sangat megah nan cantik. Maka pada zaman dulu ada yang bernama Mbah Dul, warga Ringin Putih yang dipercaya orang mampu berkomunikasi dengan Kerajaan Ringin Putih berpesan kepada anak cucunya.

“ Nek wani ojo wedi-wedi nek wedi ojo wani-wani” artinya Kalau berani jangan takut-takut tetapi kalau takut jangan berani-berani. Maksudnya jika ada orang yang ingin melihat kerajaan ini kalua berani ya masuk dan lihatlah. Tetapi kalua memang takut jangan sekali-kali melihat. Karena kalua sudah berani masuk dikhawatirkan kita tidak tahu jalan pulang. Kita akan hilang di Ringin Putih ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Hal seperti ini benar-benar terjadi. Pada hari Jumat 24 Juni 2022 habis dzuhur ada serombongan tamu Pak Yasak dari Wonosobo. Pak Yasak ini merupakan juru kunci Sendang Pule ini sekaligus seorang Kyai di sini dengan banyak murid santrinya.

Rombongan tamu Wonosobo berniat memberi kabar bahwa anaknya yang hilang sudah kembali. Cerita ini diawali denga ada seorang anak yang hilang. Sudah berhari-hari tidak bertemu. Orang tua pun panik mencari anaknya yang hilang.

Akhirnya mereka lapor ke Kantor Polisi bertanya kesana kemari. Termasuk usaha secara spiritual. Datang ke para kyai untuk meminta petunjuk dimana anak mereka yang hilang.

Dari beberapa Kyai yang mereka datangi, Kyai-kyai tersebut mengatakan hal sama. Bahwa anak mereka berada di Ringinputih. Akhirnya mereka pun datang ke Ringin Putih menemui Pak Yasak sebagai juru kunci untuk meminta tolong didoakan agar anaknya kembali.

Akhirnya Pak Yasak mengajak mereka datang ke Sendang Pule dan bermujahadah kepada Tuhan YME meminta kepada Yang Maha Kuasa untuk meminta anak mereka dikembalikan.

Setelah berdoa rombongan dari Wonosobo ini mencari anaknya di Sekitar Sendang Pule. Mereka menyibakkan dedaunan, semak-semak untuk mencari anak yang hilang. Namun hasilnya nihil. Anak mereka sudah hilang selama 29 hari. Setelah mereka melakukan mujahadah di Sendang Pule ini dari hari ke 29 sampai hari ke 32 kehilangan anak mereka. Mereka pun pulang dengan tangan kosong.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tetapi 4 hari kemudian anak mereka tiba-tiba sudah berada di rumah dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Karena saking gembira dan bahagianya orang Wonosobo ini pada Jumat 24 Juni 2022 kemaren datang dan memberikan kabar bahagia ini kepada Pak Yasak.

Setelah dari Sendang Pule kita akan berjalan menyusuri pematang sawah menuju ke utar. Di sana nampak sumur seperti sumur pada umumnya. Tetapi pada zaman dulu ini merupakan Sendang Banyu Wilis. Karena airnya makin menyusut jadi oleh warga Ringin Putih Lor sendang ini dibuat sumur. Sumur ini juga masih digunakan oleh warga untuk mencukupi kebutuhan akan air. (*/indarwati)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: