Menteri Perhubungan : Rel Kereta Api Jogja Magelang Dibangun 2021

BNews—JOGJA— Jalur Kereta Api Yogyakarta-Borobudur akan segera dibangun. Hal ini guna mendongkrak kunjungan wisatawan di Yogyarkata dan Borobudur.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa rencana pembangunan akan mulai dilaksanakan tahun 2021 mendatang.

Advertisements


“Mungkin tahun 2021 untuk rel kereta api Yogyakarta-Borobudur akan dibangun,” katanya usai menjadi keynote speaker seminar di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo MM FEB Universitas Gadjah Mada (21/9).


Pembangunan jalur kereta api Yogyakarta-Borobudur nantinya sebagian akan dikerjakan dengan reaktivasi melalui jalur lama terdahulu. “Sementara sisanya dibangun di jalur baru yang konsepnya sejalan dengan Tol Yogya-Bawen. Nanti akan dikombinasi agar pembebasan lahannya sekaligus,” imbuhnya.

Budi juga mengungkapkan bahwa pembangunan jalur kereta api tersebut tidak hanya akan menghubungkan Kota Yogyakarta dengan Borobudur. Namun juga menghubungkan bandara baru di Kulon Progo dengan Borobudur.

BACA JUGA : Ganti Smartphone ? Ini HP Baru yang Rilis Bulan September

“Akses kereta api baru yang dari Yogya menuju Bawen lewat Borobudur juga harus diselesaikan dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Konektivitas Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo dengan destinasi wisata di sekitarnya.Hal tersebut juga termasuk Borobudur memang menjadi perhatian pemerintah untuk mendongkrak kunjungan turis asing.

“Harapan kita tourism ini menjadi suatu keunggulan devisa kita, bahkan mungkin menjadi devisa yang utama, seperti Thailand itu devisa utamanya adalah pariwisata,” tuturnya.

Budi menyadari bahwa saat ini kehadiran YIA di Kulon Progo belum terlalu mendongkrak kunjungan turis asing ke wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Sebab bandara baru ini masih dalam tahap pembangunan.

Meski sudah ada aktivitas penerbangan, namun hingga kini bandara baru tersebut belum membuka rute penerbangan internasional. Rencananya rute penerbangan internasional baru dibuka tahun depan.

“Kita harapkan pada pertengahan 2020. Karena nanti grand opening akan ada sebelum lebaran. Apakah nanti sebelum lebaran itu kita jadikan internasional, apakah nanti kita lakukan pertengahan tahun depan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: