Merapi Semburkan Wedhus Gembel, Jarak Luncur 1.500 Meter

BNews—JOGJAKARTA— Aktivitas Gunung Merapi hingga Selasa pagi ,(20/4), masih terus menunjukkan peningkatan. Gunung di perbatasan Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) ini kembali memuntahkan tiga kali awan panas guguran atau dikenal wedhus gembel.

Aktivitas vulkanis ini terjadi pada pukul 04.11WIB, 04.50WIB dan 06.31WIB. Arah luncuran ke barat daya.

Berdasarkan catatan BPPTKG, awan panas guguran pukul 04.11WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 30 milimeter dan durasi 113 detik. Jarak luncurnya diperkirkan 1,3 kilometer ke arah barat daya.

”Awan panas pukul 04.50WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimal 18 milimeter dan durasi maksimal 114 detik. Jarak luncur 1.300 meter ke arah barat daya,” tulis akun Twiter @BPPTKG.

”Awan panas guguran Merapi tanggal 20 April 2021 pukul 06.31WIB tercatat di seismogram dgn amplitudo maksimal 39 milimeter dan durasi maksimal 118 detik. Jarak luncur 1.500 meter ke arah barat daya,” sambungnya.

Untuk status masih Level III atau Siaga. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava. Dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Putih sejauh maksimal lima kilometer.

Kemudian pada sektor tenggara yaitu Sungai Gendol sejauh tiga kilometer. Sedang lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: