Mitos atau Fakta ? Tanam Pohon Sawo Bikin Rumah Tangga Tak Harmonis

BNews—MAGELANG— Bagi masyarakat jawa, banyak yang melarang menanam pohon sawo di pekarangan rumah. Banyak yang masih percaya karena banyak hal negatif yang akan dijumpai.

Sesepuh di lereng Merbabu, Hartanto, 55, mengatakan ada pantangan menanam pohon sawo di depan rumah atau dipekarangan. Menurutnya, hal itu akan membawa kesialan bagi penghuni rumah.

“Biasanya orang yang menanam pohon sawo di depan rumah, rumah tangganya tidak harmonis, sering ribut,” kata dia.

Tidak hanya itu, dalam kepercayaan orang jawa, jika berani menanam pohon ini di pekaranganya, maka dipercaya jika rumah yang tinggali akan senantiasa sepi. Tak hanya itu, penghuninya merasa tak kerasan dan ingin pindah.

Kalau dikaitkan dengan mistis, pohon sawo sering diidentikkan dengan rumahnya genderuwo. Makanya, ketika melewati pohon sawo selepas magrib biasanya sering tercium bau bakaran ubi yang biasa jadi tanda eksistensi makhluk gaib satu itu.

Salah satu warga Borobudur, Suyanto membenarkan hal itu. Dia mengaku saat masih memiliki pohon sawo di pekarangan, suasana rumah tangganya tak harmonis. “Saya dikasih tau orang supaya menenbang pohon sawonya. Setelah saya tebang sekarang tidak pernah ribut sama istri,” kata dia.

Percaya atau tidak ? dikembalikan ke masing-masing pribadi. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: