Musrenbang Pemkab Magelang 2023. Ini Bidang yang Jadi Prioritas

BNews–MAGELANG– Pemerintah Kabupaten Magelang menggelar acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Magelang Tahun 2023 yang berlangsung secara virtual melalui zoom meeting pada, Selasa (14/3/2022).  

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun; dan menimbulkan dampak pada berbagai sektor kehidupan. Hingga saat ini Pemerintah masih terus memberikan perhatian khusus pada sektor kesehatan dan berupaya untuk mempertahankan sendi-sendi sosial ekonomi masyarakat.

Penyusunan Rancangan Awal RKPD Tahun 2023 ini menjadi awal dari harapan besar, bahwa pada tahun 2023 pandemi Covid-19 sudah dapat dikendalikan dan turun ke tingkat endemi.

“Sehingga dalam penyusunan Rancangan RKPD ini seluruh Kepala OPD kami minta untuk serius memberikan dukungan; dengan menaati jadwal yang telah disusun, karena ketepatan waktu dalam penyusunan Dokumen Perencanaan ini menjadi kebutuhan kita dan menjadi perhatian Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” kata, Zaenal Arifin.

lebih lanjut, Zaenal meminta kecermatan dalam penyusunan RKPD agar lebih ditingkatkan, sehingga semua program dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan lebih baik, lebih tepat sasaran dan lebih tepat waktu. Dengan demikian konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan dapat tercermin dalam RKPD Tahun 2023 ini.

“Berdasarkan evaluasi Tahun 2021, indikator makro yang sudah kita tetapkan, capaiannya sesuai dengan yang sudah kita rencanakan. Oleh karena itu, kami minta seluruh Kepala OPD untuk tetap terus bersungguh-sungguh dalam mewujudkan Visi Kabupaten Magelang melalui pencapaian Indikatur Utama Daerah; Indikator Sasaran Daerah maupun Indikator Utama Perangkat Daerah,” tuturnya.

Untuk mencapai visi dan misi Kabupaten Magelang tahun 2019-2024 serta wujud responsibility, termasuk penanganan dampak Pandemi Covid-19; maka tema pembangunan tahun 2023 adalah ‘Penguatan Kesejahteraan melalui Penguatan Kualitas SDM, Infrastruktur yang Berkelanjutan, dan Ekonomi yang Berdaya Saing’.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pada kesempatan ini, Zaenal juga menghimbau dan menekankan agar dalam penyusunan Renja Perangkat Daerah, seluruh Kepala OPD untuk melakukan evaluasi terkait dengan pencapaian program dan kegiatan di masing-masing PD sesuai dengan Perubahan Renstra Perangkat Daerah.

Kemudian mencermati indikator dalam pemutakhiran target indikator sub kegiatan dan satuannya; sebagaimana amanat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 050-5889 Tahun 2021; tentang Hasil Verifikasi; Validasi dan Inventarisasi Pemutakhiran Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, agar tetap fokus dalam mendukung percepatan pencapaian visi dan misi Kabupaten Magelang sekaligus pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Perangkat Daerah yang mengampu 10 Prioritas Pembangunan dengan program-program prioritasnya; harus benar-benar teliti dan jeli, sehingga dapat dilaksanakan sesuai dengan target yang telah ditentukan.

“Selain itu menghitung ulang rasionalitas anggaran yang tersedia pada rancangan RKPD dengan target indikator kinerja yang diharapkan dan Mengidentifikasi dengan teliti lokus kegiatan, dengan berpedoman pada RPJMD; Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan dokumen pendukung lainnya,” pungkas, Zaenal. (*/bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!