Ngaku Nahkoda Kapal, Pria Ini Tipu Belasan Wanita dari Sleman hingga Kudus

BNews— SEMARANG— Sedikitnya sebelas perempuan cantik berhasil ditipu oleh Dedi Irawah, 37, warga Serang Banten. Dia ditangkap setelah salah satu korbannya yang seorang bidan adal Kudus melaporkan kasusnya di Polrestabes Semarang.

Korban akhirnya berhasil ditangkap. Dari hasil pemeriksaan, ada 11 wanita yang telah ditipunya. Mulai dari Kudus, Klaten, Sleman dan lain sebagainya.

Kapolsek Semarang Tengah AKP Didi Dewantara mengatakan dalam aksinya korban berhasil membawa kabur handphone dan juga motor. Dia mengaku sebagai kapten kapal besar untuk merayu korbannya.

“Di akun Facebook, pelaku mengaku bernama Dendi Aryanto, warga Wonogiri, yang bekerja sebagai nahkoda kapal di salah satu perusahaan besar. Foto pelaku di medsos menggunakan pakaian seragam sebagai kapten. Ini untuk meyakinkan korban,” jelasnya.

Begitu menerima laporan dari korban di Semarang tersebut, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Pelaku akhirnya berhasil ditangkap dibantu anggota polsek dari jajaran Polres Kudus. Selanjutnya pelaku dibawa ke Mapolsek Semarang Tengah guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Korban sudah ada beberapa TKP, bukan hanya di Kota Semarang. Tapi juga dari Polres Sleman dan Karanganyar sudah kesini. Pelaku melakukan sendirian, bukan jaringan,” jelasnya.

Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita berbagai barang bukti handphone merek Vivo tipe Y 91 warna biru. Juga uang tunai Rp 488 ribu. “Pelaku juga pernah membawa kabur sepeda motor korban. TKP di luar Semarang. Ini masih terus kita kembangkan,” katanya.

Tersangka Dedi mengaku nekat melakukan penipuan setelah keluar dari pekerjaannya di perusahaan kelapa sawit di Kalimantan. Ia terjerumus ke aksi kriminal setelah mendapat bujukan dari temannya serta diajari mengedit foto di media sosial. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: