IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Ngaku Sebagai Polisi, Tipu Seorang Perempuan Janji Akan Dinikahi

BNews—YOGYAKARTA—Dua pelaku penipuan di amankan tim gabungan Sat Reskrim Polres Lampung Utara dan Polda DIY. Satu diantaranya beraksi dengan mengaku sebagai anggota Kepolisian.

Para pelaku tersebut berinisial IR, 24, warga Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan yang mengaku sebagai anggota Kepolisian. Satu lainnya berinisial HR, 24, warga kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara, sebagai pemilik buku tabungan yang dipinjam oleh IR untuk beraksi.

Kapolres Lampung Utara AKBP Bambang Yudho Martono, melalui Kasat Reskrim AKP Gigih Andri Putranto menjelaskan kedua pelaku diamankan berdasarkan laporan tertanggal 2 September 2020. Penangkapan bermula saat Team Cyber Polda Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipimpin Panit I Ipda Gertus melakukan penyidikan dan mengetahui keberadaan pelaku berada di Lampung Utara.

”Selanjutnya melakukan koordinasi dengan Sat Reskrim Polres Lampung Utara dan pada hari Rabu (9/9/2020), team gabungan melakukan penangkapan kedua pelaku, di kediamannya,” Kata AKP Gigih, Jumat (11/9/2020).

Dia menjelaskan, pelaku IR beraksi dengan mendekati korbannya yang berinisial EA, 49, warga Sleman Yogyakarta. Pelaku berkenalan dengan korban melalui media sosial Facebook.

Pelaku mengaku kepada korban sebagai anggota Polri bernama Iptu Putu Gede Caka. Lanjut Gigih, pelaku mengaku berstatus duda cerai dan pada bulan desember 2019 anaknya meninggal dunia.

Tak hanya itu, kata Gigih, pelaku juga berjanji akan menikahi korban. Setelah terjalin hubungan dan seringnya berkomunikasi melalui facebook, pelaku mulai meminta uang.

Loading...

Gigih menjelaskan, korban yang sudah terpedaya oleh pelaku, kemudian menyanggupi akan memberikan uang. Pada tanggal 20 Desember 2019, korban mentransfer uang kepada pelaku IR sebanyak Rp 300 juta melalui rekening BRI.

”Setelah menerima uang dari korban, pelaku menghilang dan tak menepati janjinya untuk menikahi korban. Korban pun melapor ke polisi,” ujar Gigih.

Tambahnya, karena laporan dan TKP ditangani oleh pihak Polda DIY, maka kedua pelaku dibawa ke Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y). Kedua pelaku akan menjalani proses penyidikan lebih lanjut. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: