Pejabat PT KAI Turun ke Magelang, Ini Konsep Pembangunan Jalur Kereta Api

BNews—MUNGKID—Sejumlah pejabat PT KAI sudah berada di Magelang untuk melakukan studi program super priorits Wisata Borobudur dengan penyediaan sarana transportasi kereta api. Sejumah pejabat melakukan kujungan di beberapa titik di Kabupaten Magelang.

Hadir dalam kunjunagan itu, Direktur Lalulintas dan Angkutan Ditjen KA Danto Restyawan, Kepala Balai Jateng dan DIY Ditjen KA Bram Hertasning, Kasatker P2JN Ditjen Bina Marga Kementrian PUPR Heri, anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Ir Sujadi.

Advertisements


Pantuan awak media, kunjungan dilaksanakan di sekitar Candi Borobudur, Palbapang dan juga di kawasan Blondo. “Rencana membuat jalur kereta api dari Stasiun Tugu, Yogyakarta menuju Borobudur, terkoneksi dengan Bandara YIA,” kata Direktur Prasarana Ditjen KA Ir Heru Wisnu Wibowo.


Direktur Prasarana Ditjen KA Ir Heru Wisnu Wibowo menambahkan program pembangunan jalur ini harus melewati sejumlah tahap. Mulai uji kelayakan, desain dan penetapan lokasi serta ijin amdal.

“Kami ingin melihat jalur efektif untuk menuju arah Borobudur. Ada beberapa alternatif akan dikaji konsultan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, berhubung jalur kereta api cenderung banyak yang lurus, maka sulit untuk mencapai tujuan di dekat Candi Borobudur. Maka harus ada stasiun akhir dan posisinya terintegrasi dengan angkutan lain. Begitu turun dari KA ada akses angkutan lain.

Direncanakan jalur KA yang baru akan disambung dengan jalur KA yang sudah ada, yakni dari Stasiun Tugu – Rewulu – Sentolo – Wates. Paling efektif lewat mana. Akan dipelajari konsultan dan jalurnya akan terintegrasi dengan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). (her/jar)

1 Comment
  1. cakpen supandi (@cakpen) says

    YTH REDAKSI TOLONG DIKOREKSI, YANG MELAKUKAN KUNJUNGAN BUKAN PEJABAT PT.KAI, TAPI PEJABAT DIREKTORAT JENDERAL PERKERETAAPIAN, KEMENTERIAN PERHUBUNGAN. PT.KAI ADALAH OPERATOR, DITJEN ADALAH REGULATOR. TKSH

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: