Pemkab Magelang Gelar Rapid Test Masal di 57 Desa Mulai Hari ini

BNews–MUNGKID– Pemkab Magelang melalui Dinas Kesehatan melakukan Rapid Test massal di 57 Desa di Kabupaten Magelang mulai hari ini (8/6/2020). Hal itu guna melakukan tracking penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Retno Indriastuti mengatakan Rapid Test massal di 57 Desa itu tersebar di 20 Kecamatan di Kabupaten Magelang. “Kita lakukan mulai hari ini hingga tanggal 13 Juni 2020 dengan targaet 2900 orang di Desa ataupun bisa dilakukan di Pasar,” katanya.

Untuk 57 Desa tersebut tersebar di Kecamatan Borobudur, Mertoyudan, Dukun, Ngablak, Secang, Candimulyo, Kajoran, Bandongan, Sawangan, Mungkid. Ada juga di Tempuran, Tegalrejo, Windusari, Srumbung, Salaman, Kaliangkrik, Salam, Ngluwar, Muntilan, Grabag. Yang tidak dilakukan Rapid Test hanya di Kecamatan pakis.

Dilakukan Rapid Test massal tersebut, menurut Retno karena di Desa-Desa itu merupakan prioritas dari kami. “Hasil monitor dan evaluasi dulunya di Desa itu ada kasus terkonfrimasi positif dan ada PDP meninggal dunia. Jadi kita prioritaskan 57 Desa itu,” paparnya.

Untuk peserta Rapid Test di tingkat Desa, lanjutnya kami serahkan kepada tim gugus tugas Kecamatan dan Desa. “Untuk tekni apakah diundang ke Desa atau didatangi ke rumahnya kami serahkan ke Tim Gugus Tugasnya,” ungkapnya.

Untuk proses Rapid Test ini, Retno menjelaskan akan dilakukan sekali dulu karena ini langsung ada hasilnya. “Kalau di lapangan bisa cepat hanya sekitar 15 menitan untuk mengetahui hasil Rapid Testnya. Karena dilapangan menggunakan alat pendeteksi hasil rapidt test dari sampel darah yang diambil,” ungkapnya/

“Nah nanti jika dalam proses ini ditemukan yang reaktif maka akan diambil swabnya. Dan warga tersebut langsung diminta isolasi mandiri dengan dukungan keluarga dan pihak Desanya,”pungkasnya. (bsn)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: