Pendaki Asal Jogja Terjatuh ke Kawah Gunung Lawu, Begini Detik-detik Evakuasi Korban

BNews—JATENG— Seorang pendaki asal Jogjakarta terjatuh ke jurang kawah Condrodimuko di Gunung Lawu, Minggu pagi, (19/7). Pria bernama Alam, 31, itu berhasil diselamatkan tim search and rescue (SAR) gabungan dari gunung yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini.

Alam diketahui terjatuh di kawah Condrodimuko Pos 2 Pendakian Gunung Lawu. Korban terjatuh sata tali yang digunakan untuk turun menuju ke kawah putus.

Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya menuturkan, Alam bersama empat rekannya diketahui melakukan camping di Pos 2 pendakian Gunung Lawu Karanganyar pada Sabtu (18/7.) via jalur Cemoro Kandang. Dan bermaksud turun ke kawah Condrodimuko pada pagi harinya, Minggu ( 19/7).

”Minggu pagi hari jam 07.30 WIB mereka hendak turun ke kawah Condrodimuko. Empat rekannya berhasil turun namun Alam tiba-tiba terjatuh karena tali yang digunakan untuk turun terputus” tuturnya.

Kawah Condrodimuko di Gunung Lawu

Tim SAR gabungan yang memperoleh informasi adanya kejadian tersebut dari rekan survivor (korban) segera melakukan evakuasi di jurang yang memiliki kedalaman sekitar sepuluh meter tersebut.

”Pukul 09.00 WIB kami menerima info dan langsung memberangkatkan satu tim dari Pos SAR Surakarta untuk melakukan evakuasi disertai peralatan vertical rescue” lanjut Yahya.

Setelah lima jam tim SAR gabungan melakukan evakuasi akhirnya pada pukul 15.30 WIB survivor berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

”Korban dievakuasi dalam keadaan sadar. Namun mengalami cidera di kepala akibat benturan serta kaki terkilir. Selanjutnya survivor dibawa ke RSUD Karanganyar untuk penanganan lebih lanjut” pungkas Yahya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: